Rokan Hulu   2020/10/12 8:18 WIB

Satgas Penanganan Covid-19 Rohul Catat 85 Pasien Sembuh

Satgas Penanganan Covid-19 Rohul Catat 85 Pasien Sembuh
Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si

PASIR PANGARAIAN - Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) catat pasien baru terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 5 orang, 1 meninggal dunia dan 85 pasien sembuh.

“Ada 1 pasien Covid-19 meninggal dunia, kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 5 orang, sehingga total kasus konfirmasi hingga Jumar kemarin ada 150 orang per Jumat 9 Oktober 2020 sekitar pukul 17.00 WIB kemarin. Kemudian pasien sembuh 85 orang, jumlah pasien yang dirawat di RS penanganan Covid-19 di Rohul 34 orang, RS, di Rohul 21 orang dan RS luar Rohul 13 orang, Isolasi mandiri 27 orang dan meninggal 4 orang,” kata Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Rohul melalui anggota Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 yang juga Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si.

"Itu sesuai data dari Surveilens Dinkes dan Tim Ahli Dirut RSUD Rohul yang telah tervalidasi," sebutnya pada media belum lama ini.

Yusmar menambahkan, di Rohul ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia 1 orang. Sedangkan penambahan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 ada 5 orang, sehingga total pasien yang sudah sembuh 85 orang.  “Untuk jumlah kasus suspek terdata 254 orang, kasus probable 4 orang, kontak erat 85 orang, lalu pelaku perjalanan 1246 orang, Discarded 82 orang. Untuk infotmasi penyebaran per kecamatan bisa diakses melalui https://corona.rokanhulukab.go.id,” jelas Yusmar.

Meskipun adanya pasien Covid-19 meninggal dunia, Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Rohul menghimbau ke masyarakat, agar tidak panik, tetap waspada dan terus disiplin dalam menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Yusmar mengakui, Tim Satgas Penanganan Covid-19 juga tidak bosan-bosan menghimbau masyarakat agar semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Tim Satgas minta masyarakat tidak panik, juga tetap tegakkan disiplin pelaksanaan protokol Kesehatan dengan 5 M, Memakai masker bila keluar rumah dan tempat kerja, Menghindari kontak fisik, Menjaga Jarak (Physical Distancing), Mencuci tangan air mengalir/pakai sabun dan Menghindari kerumunan,” harapnya.

Tim Satgas juga menghimbau warga menerapkan 7 T, seperti Tetap waspada dan hati-hati namun tidak perlu berlebihan, Tetap dirumah jika tidak ada keperluan penting dan mendesak, Tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, Tetap menjaga makanan sehat, Tetap berolahraga dan istirahat yang cukup dan Tetap menjaga daya tahan tubuh. “Kita juga himvauan ajakan 3 B dari Tim Satgas, Berikan dukunan moral untuk pasien terkonfirmasi, suspek dan tenaga medis, Bila meraskan gejala periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan dan berdoa kepada tuhan yang maha esa Allah SWT. Semoga kita semua mendapatkan perlindungan dan dijauhkan dari Pandemi Covid-19,” ungkapnya. (*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Satgas Penanganan Covid-19, Rohul, Virus Corona, Pasien Sembuh,