Hukrim   2024/04/04 22:57 WIB

Satgas Tipidter Polresta Pekanbaru Gencar Awasi SPBU Jelang Idulfitri

Satgas Tipidter Polresta Pekanbaru Gencar Awasi SPBU Jelang Idulfitri

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dalam upaya memastikan ketersediaan dan akurasi takaran Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Tim Unit Tipidter Satreskrim Polresta Pekanbaru kembali menggelar inspeksi mendadak di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Kota Pekanbaru.

Inspeksi ini dilakukan di SPBU Jalan Siak II, dekat Bundaran Tugu Bank Indonesia, Kota Pekanbaru.

"Pengecekan hari ini melihat ketersediaan BBM jenis bio solar, dexlite, pertalite, serta Pertamax turbo yang ada di SPBU," kata Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra, Selasa (2/4/2024).

Menurut Bery, hasil dari pengecekan yang merupakan hari kelima berturut-turut menunjukkan, semua mesin di SPBU tersebut dinyatakan aman dan akurat.

"Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan keakuratan takaran pengisian di SPBU, sehingga masyarakat tidak dirugikan saat mengisi BBM," tambahnya.

Pihak kepolisian juga mengimbau pengusaha SPBU untuk tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen dan masyarakat, serta memastikan operasional SPBU sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bery menegaskan, hasil pengecekan menunjukkan ketersediaan BBM cukup dan aman menjelang arus mudik lebaran.

Sementara itu, Asisten Brand Manager Pertamina Pemasaran Pekanbaru, Erwin menegaskan, Pertamina telah membentuk satgas Ketahanan Stok di sejumlah SPBU, terutama di wilayah perbatasan.

"Kantong-kantong BBM itu kita siapkan mobil tangki yang standby dan ketahanan stok di SPBU tetap diusahakan terkendali," ujarnya.

Menurut Erwin, ketahanan stok tersebut dipersiapkan untuk 6 hingga 9 hari jelang mudik lebaran, sehingga jumlah BBM mencukupi kebutuhan pemudik.

"Dengan antisipasi ini seharusnya stok aman kedepannya. Karena kita H-7 dan H+7 masih masuk dalam program ketahanan stok Satgas," tambahnya.

Sidang tersebut juga dihadiri perwakilan Disperindag Pekanbaru serta perwakilan dari pihak Pertamina Pemasaran Kota Pekanbaru, menunjukkan kerjasama antara berbagai pihak dalam menjaga ketersediaan dan kualitas BBM menjelang Idulfitri.

Dengan adanya inspeksi mendadak ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih percaya dan nyaman saat melakukan pengisian BBM di SPBU, serta mengurangi potensi praktik-praktik yang merugikan konsumen.

Bersama Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satreskrim Polresta Pekanbaru melakukan pengecekan menyeluruh di SPBU 14.282.635, Jalan Arifin Ahmad, Kota Pekanbaru, untuk mencegah potensi kecurangan dalam pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dapat merugikan konsumen.

Pengecekan juga dilakukan sejak Jumat 29 Maret 2024 kemarin oleh Kanit Tipider Satreskrim Polresta Pekanbaru, Iptu Budi Winarko ST MH dan timnya.

"Pengecekan di SPBU ini untuk memastikan ketersediaan BBM jenis biosolar, dexlite, pertalite, dan pertamax turbo menjelang menyambut hari raya Idulfitri 1445 H," kata Iptu Budi Winarko, Sabtu (30/3).

Pengecekan dilakukan tidak hanya pada meteran pengisian, tetapi juga pada tangki penyimpanan BBM secara menyeluruh.

Budi menekankan, selain melakukan pengecekan, pihaknya juga memberikan himbauan kepada pengusaha dan pekerja SPBU agar tidak melakukan kecurangan.

"Tindakan kecurangan pada meteran BBM di SPBU tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi bisa juga dapat memperlambat perjalanan pemudik," tambahnya.

Tindakan pengawasan dan pengecekan tidak hanya terbatas pada satu SPBU, namun akan dilakukan di SPBU lainnya yang berada di wilayah hukum Polresta Pekanbaru.

Upaya ini bertujuan untuk menjaga keadilan dan kenyamanan masyarakat dalam pengisian BBM menjelang perayaan Idulfitri. (rp.abd/*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : Jelang Idulfitri, polisi awasi SPBU, Satgas Tipidter Polresta Pekanbaru, polis Gencar Awasi SPBU ,