RIAUPAGI

.com
Saturday 19th September 2020
Seni Budaya   2020/09/14 16:26 WIB

Seniman Ini Menggambar dengan Mesin Tik

Seniman Ini Menggambar dengan Mesin Tik

SENI BUDAYA - Seorang seniman Inggris menggambar potret selebritas seperti Bill Murray dan Tom Hanks dengan mesin tik, sebagai bagian dari pameran pertamanya.

James Cook menciptakan karya seninya dari ribuan karakter yang diketik. Pria berusia 23 tahun dari Braintree, Essex itu memamerkan karyanya, bersama mesin tik yang ia gunakan, di Thaxted Guildhall. "Saya sangat bersemangat, dan ini adalah kesempatan untuk menarik masyarakat ke galeri lagi," ujarnya seperti dirilis BBC News.

Sekitar 30 mesin ketik, sebagian ia temukan, sebagian pemberian dari orang lain, dipajang bersama dengan karya seni yang dia hasilkan di mesin. Cook mulai menggunakan tipografi untuk menciptakan karya seni saat mengerjakan ujian lulus SMA. Sang seniman bercerita bahwa ia mulai dengan lima mesin ketik, tapi sekarang telah "menerima banyak minat dari orang-orang di Essex dan juga di Nottinghamshire yang ingin menyumbangkan mesin ketik mereka kepada saya".

Pokok bahasan foto-fotonya berkisar dari monumen terkenal hingga potret manusia, termasuk bintang TV dan film. Cook mengatakan ia "sangat sibuk" sejak awal tahun tetapi satu ambisinya masih belum terpenuhi — jawaban dari salah seorang penggemar mesin tik paling terkenal di dunia. "Saya telah mengepos potret mesin tik saya ke Perusahaan Produksi Playtone milik Tom Hanks," katanya.

"Ia dikenal sering berkorespondensi dengan orang-orang lewat surat yang diketiknya sendiri, namun saya belum mendapat kabar darinya. Saya akan terus mencoba!"

Cook berkata pameran di Grade I, yang berlangsung sampai Selasa, akan secara ketat mematuhi langkah-langkah jarak sosial. "Akan sangat sulit secara finansial bagi banyak galeri kecil setempat untuk buka kembali," katanya.

"Mungkin ini permulaan tapi kami berharap pameran gratis ini bisa membawa orang kembali ke galeri lagi". (*)

Tags : Seniman, James Cook.Seniman Inggris, Menggambar dengan Mesin Tik,