Pekanbaru   2021/03/09 14:11 WIB

Seribu Lansia di Vaksinasi

Seribu Lansia di Vaksinasi

PEKANBARU - Seribu kelompok masyarakat golongan usia lanjut (lansia) untuk segera mendapatkan vaksinasi.

Melalui Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB) bersama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan vaksinasi kepada masyarakat lansia di Kota Pekanbaru. Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di Gedung IKPTB, Jalan Karya Indah, Kecamatan Payung Sekaki.

Ketua IKPTB, Toni Lim Thian Cui mengatakan, vaksinasi ini ditargetkan akan dilakukan pada 1.000 lansia di Pekanbaru. Bukan hanya dari keluarga Tionghoa saja, tetapi vaksinasi ini juga ditujukan kepada masyarakat umum yang sudah lanjut usia. "Kita didukung oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, targetnya kita vaksinasi 1000 lansia. Ada anggota IKPTB, juga umum. Semua kalangan lansia bisa ikuti vaksinasi di sini," kata Toni, Pekanbaru, Selasa (9/3).

Masyarakat terlihat sangat berminat, kegiatan vaksinasi ini juga akan dilanjutkan hingga Rabu 10 Maret 2021 besok. Ini diakibatkan agar seluruh lansia yang sudah mendaftar dapat divaksin seluruhnya. "Jika antusiasnya banyak dan tidak terkejar seluruhnya hari ini, kita sambung besok. Saat ini yang sudah daftar lebih dari 1000," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pekanbaru, M Noer mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan anjuran pemerintah untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Pihaknya juga bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit dan puskesmas untuk melakukan vaksinasi tersebut. "Hari ini kami bekerjasama dengan IKPTB dan juga LPM di wilayah Payung Sekaki, kita memberikan pelayanan untuk lansia, sesuai apa yang dianjurkan oleh pemerintah, kita lakukan vaksinasi untuk lansia. Targetnya lebih dari 1000. Kita siapkan 10 tim. Kita lihat di sini antusiasnya tinggi, apabila hari ini tidak selesai, akan kita sambung besok lagi," kata M Noer usai meninjau langsung kegiatan vaksinasi tersebut.

Selain vaksinasi massal, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit di Kota Pekanbaru untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat lansia. "Seluruh rumah sakit sudah kita siapkan untuk melakukan vaksinasi kepada lansia, begitu juga puskesmas. Namun, bagi lansia kita yang punya catatan riwayat penyakit lain, kita dorong untuk lakukan vaksinasi di rumah sakit, jika tidak boleh di puskesmas dan bisa juga pada acara seperti ini," tambahnya.

Staf Ahli Bidan Kemasyarakatan dan SDM Pemko Pekanbaru, Helda Suryani mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh IKPTB tersebut. Dia berharap organisasi lain juga melakukan kegiatan serupa. "Pemerintah Kota Pekanbaru sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh IKPTB. Di mana dengan adanya hubungan koordinasi seperti ini akan mempercepat jumlah masyarakat kita yang tervaksinasi. Kami juga mengimbau dan mengharapkan organisasi lain juga melakukan langkah-langkah terobosan seperti ini, mengingat kita harus secepatnya melakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat," ujar Helda. (rp.sul/*)

Tags : Lanjut Usia, Lansia di Vaksinasi, Pekanbaru,