Linkungan   2022/05/10 11:55 WIB

Suhu Udara Terasa Sangat Panas di Siang Hari, 'Titik Hotspot Paling Banyak di Riau'

Suhu Udara Terasa Sangat Panas di Siang Hari, 'Titik Hotspot Paling Banyak di Riau'

PEKANBARU - Masyarakat perlu mewaspadai kondisi suhu panas yang terjadi pada siang hari hingga pertengahan Mei 2022.

"Masyarakat diimbau untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari," kata Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto, Senin (9/5/2022).

Dia menjelaskan fenomena panas terik yang terjadi belakangan ini dipicu beberapa hal, yaitu posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau, dimana tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujan akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat awan yang rendah tersebut dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di permukaan Bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari.

Ia mengatakan suhu panas terik yang terjadi di wilayah Indonesia bukan fenomena gelombang panas.

Menurut World Meteorological Organization (WMO), gelombang panas atau dikenal dengan "Heat Wave" merupakan fenomena kondisi udara panas yang berkepanjangan selama lima hari atau lebih secara berturut-turut di mana suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5 derajat Celcius atau lebih.

Titik panas paling banyak di Riau

Kini ada 100 titik panas (hotspot) terpantau di Pulau Sumatera, hingga per Selasa 10 Mei 2022. Titik panas itu tersebar di delapan provinsi, dengan jumlah terbanyak terpantau di Riau.

"Titik panas lainnya terpantau di Sumatera Utara 2 titik, Sumatera Barat 8 titik, Jambi 17 titik, Kepulauan Riau 4 titik, Sumatera Selatan 19 titik, Bengkulu 7 titik dan Lampung 23 titik," kata Forecaster On Duty Dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna.

"Melalui citra satelit, ada 23 titik panas yang terpantau di Riau."

Yasir menyebutkan, 23 titik panas yang ada di Riau tersebar di Kabupaten Pelalawan 8 titik, kemudian 4 titik di Kabupaten Siak, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir, serta 3 titik di Kabupaten Indragiri Hulu. "21 titik panas yang terdeteksi di Riau berada pada tingkat kepercayaan sedang dan 2 titik berada di tingkat kepercayaan rendah," terangnya. (*)

Tags : Suhu Udara Terasa Sangat Panas, Riau, Titik Panas Paling Banyak di Riau,