Kampar   2020/11/11 17:36 WIB

Sungai Menguap, Desa Gunung Sahilan Terendam Banjir

Sungai Menguap, Desa Gunung Sahilan Terendam Banjir

KAMPAR - Desa Gunung Sahilan sudah terendam air dan menggenang disegala penjuru. Sejak curah hujan di Riau terjadi belakangan ini kondisi ini membuat di Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar dilanda banjir. Tim SAR Polres setempat pun mulai diterjunkan ke lokasi.

"Ada dua desa yang kini dilanda banjir, Desa Gunung Sahilan dan Desa Sahilan Darussalam. Kawasan ini setiap tahunnya selalu dilanda banjir setiap puncak musim penghujan. Di Desa Gunung Sahilan sendiri sudah 83 rumah tergenang air," kata Kepala Desa (Kades) Gunung Sahilan Hasmizon saat dihubungi, Selasa malam (11/11).

Warga pada dini hari mulai mengungsi ke tempat tinggi menyelamatkan barang barang berharga dan kebutuhan pokok. "Selain menggenangi pemukiman warga juga menggenangi fasilitas umum seperti Posyandu , Musholla , MDA dan fasilitas umum lainnya. Kami minta pihak berwenang mohon perhatiannya, desa kami sudah sekuat tenaga menangani banjir dan mohon bantuannya untuk penanganan banjir ini," kata Hasmizon lagi.

Munurutnya desa yang dilanda banjir berada di bantaran Sungai Kampar. Rumah penduduk di kedua desa yang kini tergenang dari luapan Sungai Kampar. Sebagian rumah lainnya yang berada di ketinggian tidak terkena banjir. "Sebagian warga yang rumahnya terkena banjir kini mengungsi ke rumah sanak familinya yang rumahnya tidak terkena banjir," sebut Hasmizon.

Namun informasi diperoleh, tadi Rabu (12/11) personel Polres Kampar sudah mulai berjaga jaga di lokasi banjir untuk mencegah terjadinya terjadinya kasus kriminal. Personel juga memiliki kemampuan SAR dan dilengkapi sejumlah peralatan yang dibutuhkan di lokasi. Selain itu, tim BPBD Pemkab Kampar juga diterjunkan ke lokasi banjir. Pihak BPBD Kampar saat ini telah membuka dapur umum untuk masyarakat korban banjir. 

Dari pantauan di lapangan situasi di lokasi banjir cukup aman hingga saat ini belum ada korban jiwa. Fasilitas umum seperti sekolah masih aman, tapi sudah digenangi air, ungkap Hasmizon.

Penulis: Romi Yanto
Editor: Elfi Yandera

Tags : Sungia Kampar, Desa Gunung Sahilan Dilanda Banjir, Banjir di Kampar, Riau,