Headline Olah Raga   2023/11/11 19:21 WIB

Tim Regu Sepak Takraw Putra-i Riau Peroleh Medali Emas, 'yang Diharap Bisa Juara Umum di Porwil Sumatera XI'

Tim Regu Sepak Takraw Putra-i Riau Peroleh Medali Emas, 'yang Diharap Bisa Juara Umum di Porwil Sumatera XI'
Porwil Sumatera XI di Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Cabang olahraga (cabor) sepak takraw kembali sumbang medali emas untuk Riau di Porwil Sumatera XI 2023. Kali ini medali emas disumbangkan tim regu putra.

Dengan tambahan satu emas dari tim regu putra, raihan medali emas Riau dari cabor takraw bertambah menjadi empat medali emas.

Pada pertandingan Jumat 10 November 2023 sore, tim sepak takraw putra Riau bertemu tim sepak takraw Kepulauan Riau (Kepri).

Pada regu 1, Pelatih Sepak Takraw Putra Riau Anton Prawoto, menurunkan Bibi Syahbani, Khairul Saputra dan Dion Pramudana.

Pada set pertama, Riau kalah 7-21 dari Kepri. Kemudian pada set kedua, Riau mampu mengimbangi Kepri 23-21, dan pada set ketiga, Riau akhirnya kalah 11-21 dari Kepri. Skor 0-1 dan keunggulan untuk Kepri.

Kemudian pada regu 2, Riau diperkuat oleh Dedi Setiawan, Tri Ramadhan dan Oci Nurhadi, mampu mengalahkan Kepri 2-0 sekaligus.

Pada set pertama Riau unggul 21-15 dan pada set kedua 21-18. Skor 1-1 untuk Riau dan Kepri.

Pada laga terakhir, regu 3 Riau diperkuat oleh Ariska Ikhyandi Meza, Muhammad Hafidz dan Muhammad Fahri. Pada regu 3 ini pertandingan berjalan sengit.

Dimana Riau yang unggul pada set pertama 21-10, mampu dibalas Kepri pada set kedua 17-21. Skor 1-1 membuat pertandingan berlanjut hingga set ketiga atau rubber set.

Pada set ketiga, Riau akhirnya bisa memenangkan pertandingan 21-12. Skor 2-1 dan kemenangan untuk Riau.

Dengan hasil itu, Riau yang tidak pernah kalah, menempatkan diri sebagai juara sekaligus peraih medali emas di nomor regu putra.

Sementara untuk medali perak diraih oleh Sumatera Barat yang hanya satu kali kalah. Sedangkan Kepri bersama Sumatera Selatan harus berpuas diri dengan menyabet medali perunggu bersama di posisi ketiga.

Dengan tambahan satu emas dari nomor tim regu putra, cabor sepak takraw Riau telah mengumpulkan empat medali emas. Dimana dua dari atlet putri dan dua dari atlet putra.

Sekretaris Umum Pengprov PSTI Riau, Amrisal Amir mengaku salut dengan perjuangan tim sepak takraw putra Riau ini.

"Alhamdulillah, kita meraih medali emas lagi. Ini menjadi medali emas ke empat untuk tim sepak takraw riau. Masih ada beberapa nomor pertandingan lagi, dan saya berpesan agar atlet-atlet kita menjaga semangat untuk pertandingan besok," ujar Amrisal.

Untuk diketahui, pertandingan cabor sepak takraw masih berlanjut hingga besok. Untuk sepak takraw yang berlangsung di GOR Takraw Purna MTQ Pekanbaru, masih menyisakan nomor pertandingan double iven dan quadrant, yang berlanjut seperti Sabtu 11 November 2023 tadi.

Sebelumnya, cabor sepak takraw sumbang medali emas untuk Riau, pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI medali emas didapatkan dari nomor double tim putri.

Pada nomor double tim putri, diikuti oleh lima provinsi yakni, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, dan Babel. Dengan empat kali pertandingan, Riau berhasil meraih 12 poin.

Dengan kemenangan itu, double tim putri Riau ditetapkan sebagai juara grup sekaligus mendapatkan medali emas untuk kontingen Riau.

Sementara di posisi runner-up, direbut oleh double tim putri Sumatera Barat (Sumbar) yang meraih tiga kali kemenangan dengan total 9 poin. Dengan posisi itu, Sumbar mendapatkan medali perak.

Sedangkan di posisi ketiga atau medali perunggu bersama didapatkan oleh Sumatera Selatan dan Jambi. Sementara di posisi kelima ada Babel dengan total nol poin.

Dengan hasil itu, juara grup dan runner-up yakni Riau dan Sumbar dipastikan lolos PON Aceh-Sumut. Sementara tim di bawahnya terpaksa rela menunggu empat tahun lagi untuk lolos PON berikutnya.

Pelatih putri Riau, Supardi Hutabarat dan Edi Isnanto mengucapkan syukur atas kesuksesan timnya meraih emas dan sekaligus lolos di nomor utama PON 2024. Menurut mereka, hasil ini adalah buah dari kerja keras selama latihan yang tak kenal lelah.

"Ini buah dari kerja keras selama latihan. Mereka bermain dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Terima kasih atas dukungan semua pihak," ujar Supardi Hutabarat.

Hal sama juga disampaikan Edi Isnanto. Duet Supardi ini mengatakan, mereka latihan dua kali sehari dan hanya libur sehari di setiap pekannya.

Dia dan Supardi memang bekerja keras dalam mengontrol fisik dan teknik para pemain.

"Alhamdulillah para pemain bisa menerima program latihan dengan baik dan membuat mereka terpacu untuk menang di setiap pertandingan," jelas Edi.

Kapten tim putri Riau, Sutini, merasa senang karena bisa lolos ke nomor utama PON 2024 sekaligus meraih emas dalam Porwil 2023.

Dia tetap yakin dengan ada kemenangan bahwa hasil tak akan mengkhianati latihan. Dia mengaku selama ini dia dan teman-temannya sudah bekerja keras dalam latihan.

"Alhamdulillah kami bisa mendapatkan hasil maksimal. Selain lolos ke nomor utama PON 2024 juga meraih emas di nomor tim dobel ini," ujar Sutini.

Setelah lolos PON di nomor utama, Riau masih akan bermain di tiga nomor lainnya untuk perebutan medali Porwil dan sudah tak terbebani lagi dengan kualifikasi PON 2024.

Sayangnya, keberhasilan putri ini tak diikuti tim putra yang kalah dari Kepulauan Riau (Kepri) 1-2 di semifinal pada Senin 6 November 2023.lalu. Hasil ini membuat Riau gagal lolos ke nomor utama PON 2023 dan harus ikut kualifikasi nomor inter regu yang dimulai Selasa.

Plt Gubernur Riau [Gubri] Edy Natar Nasution Gubri juga sebelumnya merasa optimis Riau juara umum di Porwil Sumatera XI ini.

Porwil Sumatera XI Riau secara resmi dibuka dengan meriah, sejak Sabtu 4 November 2023 malam. Pemprov Riau sebagai tuan rumah tetap bertekad meraih juara umum.

Plt Gubri Edy Natar Nasution menyebut, Riau sebagai tuan rumah berkomitmen untuk menjalankan amanah yang telah diberikan oleh KONI Pusat kepada Pemerintah Provinsi Riau.

"Kami sebagai tuan rumah komitmem, kami harus menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh. Kami sebagai tuan rumah ingin menyukseskan empat hal, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi," kata Edy Natar, Sabtu (4/11/2023).

Menurutnya, dengan adanya Porwil di Sumatera dan Riau sebagai tuan rumah juga memacu Riau dalam mewujudkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Sehingga terwujud Indonesia yang berkarakter.

Ia juga berharap, pada Porwil Sumatera XI ini Riau bisa kembali meraih juara umum. Sehingga Riau bisa mempertahankan juara umum ketiga kalinya.

"Kami berharap, selain sukses penyelenggaraan dan prestasi, Riau juga ingin menjadi juara umum kembali," harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Besar Porwil Sumatera XI Riau Joni Irwan mengatakan, ada 10 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Porwil Sumatera XI ini. Sepuluh cabor itu yakni, Sepakbola, Sepak Takraw, Bola Tangan, Voli Indoor, Renang, Atletik, Wushu, Barongsai, Catur, dan E-Sport.

"Ada 1.288 atlet dan 662 official yang bertanding pada porwil Sumatera XI Riau 2023," ujar Joni.

Acara ini dibuka langsung Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera. Ia berharap Porwil merupakan ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga di Pulau Sumatera. (*)

Tags : pekan olahraga wilayah sumatera, porwil sumatera XI, tim riau diharap juara umum, takraw putra-putri riau peroleh medali emas,