Headline Seni Budaya   2020/09/09 09:48:00 AM WIB

'Tradisi Mengerikan' Tulang Paha Manusia Jadi Alat Musik

'Tradisi Mengerikan' Tulang Paha Manusia Jadi Alat Musik
Dalam sebuah kasus, sebuah tulang paha manusia yang ditemukan di satu kuburan di dekat Stonehenge, Inggris, telah dibuat menjadi alat musik.

SENI BUDAYA - Sebuah tradisi "mengerikan yang tidak terbayangkan" yaitu menyimpan sisa-sisa jasad manusia peninggalan periode periode Zaman Perunggu telah ditemukan para peneliti. Penemuan arkeologi oleh tim Universitas Bristol, Inggris, itu mengungkap bagaimana peristiwa kematian diperingati pada 4.500 tahun silam.

Dalam sebuah kasus, satu tulang paha manusia yang ditemukan di kuburan di dekat Stonehenge telah dibuat menjadi alat musik. Penemuan ini dilakukan dengan menggunakan penanggalan radiokarbon dan teknik pemindaian sinar-X.

Seperti dirilis BBC News merilis, Dr Thomas Booth, dari Universitas Bristol, berujar, "Bahkan dalam masyarakat sekuler modern, sisa-sisa jasad manusia dipandang sebagai objek yang memiliki kekuatan, dan hal ini tampaknya berlaku untuk orang-orang pada Zaman Perunggu. "Namun, mereka memperlakukan dan melakukan interaksi dengan orang-orang yang sudah mati dengan cara yang sangat mengerikan bagi kita saat ini."

Dalam penemuan yang dilakukan di Wilsford, di dekat Stonehenge, artefak berupa tulang paha manusia yang diukir dan dipoles itu ditemukan bersama barang-barang lainnya, termasuk kapak batu dan perunggu, lempengan tulang, serta gading. "Walaupun pecahan tulang manusia termasuk benda-benda yang dikubur bersama orang mati, ada pula yang disimpan di dalam rumah, dikubur di bawah lantai dan bahkan dipajang," kata Profesor Joanna Brück. "Ini menunjukkan bahwa masyarakat pada Zaman Perunggu tidak melihat sisa-sisa jasad manusia dengan rasa ngeri atau jijik, yang kemungkinan dirasakan oleh orang-orang pada saat ini."

Para peneliti mengatakan bahwa temuan itu mengungkapkan adanya sisa-sisa jasad manusia disimpan dan diedarkan di kalangan orang-orang tertentu. (*)

Tags : Tradisi Budaya, Peneliti, Tulang Paha Manusia Jadi Alat Musik,