Kesehatan   2020/08/22 11:30:00 AM WIB

Virus Corona Bisa Menular dari Kemasan Makanan?

Virus Corona Bisa Menular dari Kemasan Makanan?

KESEHATAN - Jejak virus corona dilaporkan ditemukan pada kemasan makanan di China baru-baru ini, pada pengiriman udang beku dan sayap ayam beku dari Amerika Selatan. Hal ini kembali menimbulkan pertanyaan apakah virus corona dapat ditularkan melalui kemasan makanan.

Apakah itu mungkin?

Secara teori, kita sangat mungkin terpapar Covid-19 dari kemasan. Studi yang dilakukan di laboratorium dirilis BBC New menunjukkan bahwa virus corona bisa bertahan selama beberapa jam di beberapa bahan kemasan, antara lain karton dan berbagai bentuk plastik. Terlebih lagi, virus lebih stabil pada suhu yang lebih rendah, yang mana dengan cara itulah kebanyakan makanan diangkut.

. Hilang penciuman akibat virus corona 'beda dari pilek dan flu'
. Virus corona di Wuhan: Dari jalan yang sunyi hingga kolam renang yang padat
. Mengapa lonjakan kasus Covid-19 di China membuat orang takut dengan ikan salmon?

Namun, beberapa ilmuwan mempertanyakan apakah hasil ini dapat direplikasi di luar laboratorium. Dr Julian Tang, profesor ilmu pernapasan di University of Leicester, Inggris, mengatakan bahwa di dunia luar, kondisi lingkungan berubah dengan cepat, yang berarti virus tidak dapat bertahan lama.

Dan Emanuel Goldman, profesor mikrobiologi di Universitas Rutgers, juga menunjukkan bahwa studi laboratorium menggunakan sampel hingga 10 juta partikel virus, sedangkan jumlah partikel virus dalam - misalnya - tetesan aerosol ke permukaan, ternyata kemungkinan hanya sekitar 100.

Dalam tulisannyua di Lancet pada Juli, dia mengatakan: "Menurut saya, kemungkinan transmisi melalui permukaan sangat kecil, dan hanya ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin di permukaan itu, dan orang lain menyentuh permukaan itu tak lama setelah batuk dan bersin (dalam waktu satu hingga dua jam)."

Bagaimana virus bisa ditransmisikan?

Risiko penularan umumnya didasarkan pada asumsi bahwa pekerja di pabrik pengemasan makanan mungkin menyentuh permukaan yang terkontaminasi, kemudian menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka. Para ilmuwan sekarang tidak menganggap ini adalah jalur utama penularan untuk sebagian besar kasus Covid-19. "Ada kemungkinan seseorang bisa tertular Covid-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang ada virusnya," kata badan kesehatan AS, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) di situsnya.

Namun, ia menambahkan bahwa "ini tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus". Faktanya, virus ini diperkirakan menyebar langsung dari orang ke orang:

. Antara orang-orang yang berdekatan satu sama lain (dalam jarak 2m)
. Melalui tetesan yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara
. Saat tetesan mendarat di mulut atau hidung orang di sekitar (atau terhirup ke paru-paru)

Dr Tang mengatakan bahwa membuktikan seseorang telah tertular virus melalui kemasan juga akan sulit. Penting untuk ''mengecualikan pajanan baru-baru ini dari sumber lain'' - termasuk kontak sosial tanpa gejala - untuk memastikan bahwa pajanan terkait kemasan makanan adalah penyebab sebenarnya dari infeksi.

Bagaimana kita tetap aman dari virus?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ""Saat ini belum ada kasus terkonfirmasi Covid-19 yang ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan". Tetapi WHO mencantumkan sejumlah tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kontaminasi silang.

Dikatakan tidak perlu mendisinfeksi kemasan makanan, tetapi "tangan harus dicuci dengan benar setelah memegang paket makanan dan sebelum makan". Jika Anda berbelanja bahan makanan, gunakan pembersih tangan sebelum memasuki toko jika memungkinkan, dan cuci tangan Anda secara menyeluruh setelahnya, dan juga setelah memegang dan menyimpan produk yang Anda beli.

Pengiriman bahan makanan juga harus aman jika pekerja pengiriman mengikuti praktik kebersihan pribadi dan makanan yang baik. Anda juga harus mencuci tangan setelah menerima makanan dan pengiriman bahan makanan. Beberapa ahli juga merekomendasikan hanya menggunakan kantong plastik satu kali. (*)

Tags : Virus Corona, Kemasan Makanan, Penularan corona,