Internasional   2020/10/04 9:57 WIB

Virus Corona: Trump Beberapa Hari Ke Depan Dirawat

Virus Corona: Trump Beberapa Hari Ke Depan Dirawat
Presiden AS Donald Trump keluar dari helikopter Marine One saat tiba di Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland, pada Jumat (2/9). Trump akan dirawat selama beberapa hari ke depan setelah positif Covid-19.

INTERNASIONAL - Mantan Gubernur New Jersey dan penasihat kampanye Donald Trump, Chris Christie masuk rumah sakit setelah terinfeksi virus corona. Christie mengatakan ia melakukan pemeriksaan sukarela sebagai tindak pencegahan. Setelah berkonsultasi dengan dokter saya, saya memeriksakan diri ke Morristown Medical Center petang ini, cicit Christie di Twitter, Ahad (4/10). "Sementara saya merasa sehat dan hanya memiliki gejala ringan, karena sejarah asma saya, kami memutuskan ini tindakan pencegahan penting," tambah Christie.

Sebelumnya pada Jumat (2/10) malam mantan penasehat Gedung Putih Kellyanne Conway mengatakan ia positif virus corona. Conway sempat menghadiri acara di Rose Garden, Gedung Putih pada Sabtu (26/9) lalu ketika Presiden Donald Trump mengumumkan keputusan Mahkamah Agung. "Malam ini saya dinyatakan positif Covid-19. Gejala saya ringan (batuk ringan) dan saya merasa baik-baik saja. Saya telah memulai proses karantina setelah berkonsultasi dengan dokter," cicit Conway.

"Seperti biasa, hatiku bersama semua orang yang terkena pandemi global ini," tambahnya.  

Presiden Donald Trump, ibu negara Melania Trump, pembantu Trump Hope Hicks, Senator Republik Utah Mike Lee, Senator dari Partai Republik North Carolina Thom Tillis dan Presiden Universitas Notre Dame Pendeta John Jenkins semuanya dipastikan positif mengidap Covid-19, dikutip dari Reuters.

Trump di tes sesungguhnya

Dalam video yang diunggah di Twitter, Presiden Donald Trump mengatakan ia merasa 'jauh lebih baik' dan berharap dapat 'segera kembali'. Video itu diambil di dalam kamarnya di rumah sakit. Dalam video yang berdurasi empat menit itu Trump terlihat lelah dan memakai jaket serta kaus. Ia mengatakan 'tidak merasa begitu baik' ketika baru tiba di Walter Reed National Military Medical Center dan beberapa hari ke depan akan menjadi periode krusialnya dalam menghadapi virus corona. "Saya kira tes sesungguhnya terjadi pada beberapa hari ke depan, jadi kami akan melihat apa yang akan terjadi pada beberapa ke depan," kata Trump duduk di depan bendera Amerika Serikat.

Video itu dirilis beberapa jam usai tim medis presiden menyampaikan kondisi kesehatannya dalam konferensi pers. Para pejabat kesehatan masih belum mengungkapkan dengan jelas seberapa sakit presiden AS ke-45 itu. Tim dokter Gedung Putih mengatakan kondisi Trump sudah membaik dan ia sudah membahas untuk segera kembali ke Gedung Putih. Salah satu dokter mengatakan Trump mengatakan padanya 'saya merasa bisa keluar dari sini hari ini'.

Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows juga menyampaikan kondisi presiden. Meadow mengatakan Trump dalam keadaan baik. "Presiden dalam keadaan yang sangat baik dan dia bangun dan meminta dokumen untuk ditinjau, dokter-dokter sangat senang dengan tanda-tanda organ vitalnya, saya sudah bertemu dengannya di beberapa kesempatan untuk membahas beberapa isu hari," kata Meadows.

Hingga kini Trump belum mengalihkan tugas kepresidenan ke wakilnya Mike Pence. Sejak Trump dinyatakan positif virus korona pada Jumat (2/10) lalu pegawai-pegawai Gedung Putih masih menjalani aktivitas seperti biasa. Namun beberapa penasihat presiden secara pribadi menyampaikan kekhawatiran mereka terhadap kelancaran pemilihan presiden 3 November 2020. “Aktivitas pemerintahan terus berlanjut,” kata penasehat ekonomi presiden, Larry Kudlow, dikutip dari Reuters.

Trump dalam keadaan baik

Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadow mengatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam keadaan baik. Pada Jumat (2/10) lalu  Trump dan Ibu Negara Melania dinyatakan positif virus corona. "Presiden dalam keadaan yang sangat baik dan dia bangun dan meminta dokumen untuk ditinjau, dokter-dokter sangat senang dengan tanda-tanda organ vitalnya, saya sudah bertemu dengannya di beberapa kesempatan untuk membahas beberapa isu harian," kata Meadows, Ahad (4//10).

Para dokter mengingatkan berdasarkan usia dan berat badan, Trump masuk dalam kategori rentan komplikasi Covid-19. Trump yang berusia 74 tahun kini berada di rumah sakit Walter Reed National Military Medical Center. Penelitian yang diterbitkan di jurnal The Lancet menemukan total kasus kematian akibat komplikasi Covid-19 adalah 1,4 persen. Angka ini bertambah menjadi 8,6 persen untuk mereka yang berusia di atas 70 tahun.

Dokter dari rumah sakit St Vincent, Melbourne, Australia, Dr Barry Dixon mengatakan resiko Trump dapat meningkat bila ia mengalami gangguan pernapasan atau pneumonia yang kerap diasosiasikan dengan kasus kematian Covid-19. Terutama mereka yang usianya di atas 65 tahun dan memiliki penyakit cardiovascular atau kondisi yang terjadi pada aliran darah di otak. "Resiko kematiannya lebih tinggi bila ia mengalami pneumonia yang buruk, ada faktor lain yang meningkatkan risiko dan kematian seperti apakah Anda perokok berat, memiliki diabetes atau penyakit jantung," kata Dixon seperti dikutip the Guardian.

"Faktor utama bagi Trump yang kami ketahui adalah usia dan fakta ia kelebihan berat badan dan keduanya faktor dengan risiko yang cukup tinggi," tambahnya, dilansir dari Reuters.

Trump puji staf rumah sakit 

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan dengan bantuan dokter dan perawat di Walter Reed National Military Medical Center ia merasa sehat. Trump mengumumkan positif terinfeksi virus corona pada Jumat (2/10) lalu. "Dokter, perawat, dan dan semuanya di Walter Reed Medical Center bersama institusi lain yang bergabung dengan mereka, mereka luar biasa," cicit Trump media sosial Twitter.

Trump dinyatakan positif virus corona beberapa jam setelah Gedung Putih mengumumkan penasihat seniornya Hope Hicks juga positif virus corona. Dalam beberapa pekan terakhir Hicks selalu mendampingi Trump berbagai kesempatan termasuk debat presiden pekan lalu. "Sudah ada progres yang luar biasa dalam enam bulan terakhir dalam perang melawan wabah, dengan bantuan mereka saya merasa baik," kata Trump.

Trump terinfeksi virus corona satu bulan sebelum pemungutan suara pemilihan presiden AS digelar. Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, menyampaikan simpati kepada Trump. (*)

Tags : donald trump, virus corona, trump positif covid-19, donald trump dirawat,