Siak   2023/09/23 16:42 WIB

Wabup Siak Husni Merza Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Produktif

Wabup Siak Husni Merza Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Produktif
Wabup Siak Husni Merza

SIAK - Wakil Bupati (Wabup) Siak, Husni Merza mengajak masyarakat untuk mengubah lahan tidur menjadi produktif dengan menanam berbagai jenis tanaman.

"Masyarakat diajak manfaatkan lahan tidur jadi produktif."

"Saya mengajak masyarakat yang memiliki lahan kosong atau pekarangan rumah yang luas untuk mulai memanfaatkannya dengan menanam tanaman produktif, yang dapat membantu pemenuhan kebutuhan pangan keluarga," kata Wabup Siak, Husni Merza, Jumat (22/9).

Ajakan ini datang setelah ia melakukan panen bawang merah bersama warga di Kampung Mungkal, Sungai Mandau, sebagai bagian dari program Bujang Kampung beberapa waktu lalu.

Saat ini, lanjut Husni, sayuran dan cabe merah bawang masih harus diimpor dari provinsi tetangga, yang berarti harganya lebih tinggi karena biaya transportasi.

"Jika kita menanam cabe merah, rawit dan sayuran di pekarangan rumah atau lahan milik kita, setidaknya kita bisa memenuhi kebutuhan sendiri, dan jika lahan cukup luas, kita bisa menjualnya untuk tambahan pendapatan," tambahnya.

Husni juga memberikan apresiasi kepada kelompok tani di Kampung Mungkal yang telah menanam bawang merah di lahan seluas satu hektar, yang menghasilkan hasil yang menggembirakan.

"Kami sangat mendukung gerakan menanam ini, yang dapat membantu mengatasi kenaikan harga pangan di kabupaten siak," ungkapnya.

Dia menjelaskan, kenaikan harga beras dan komoditas lainnya di pasar saat ini disebabkan oleh perubahan iklim global, khususnya fenomena El Nino yang menyebabkan kekeringan ekstrim.

Pemerintah daerah telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi inflasi dan dampak El Nino, termasuk melakukan survei pasar, intervensi dengan pasar murah, dan mendorong gerakan menanam di tingkat masyarakat.

Ajakan Husni ini menjadi langkah positif dalam memerangi kenaikan harga pangan dan memberdayakan masyarakat setempat untuk berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pangan mereka sendiri. (rp.mhr/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : wabup siak husni merza, wabup siak ajak masyarakat manfaatkan lahan tidur, lahan tidur jadi produktif,