Pekanbaru   2022/04/15 15:12 WIB

Walikota Pekanbaru Raih Penghargaan Capaian Vaksinasi dari Wakapolri

Walikota Pekanbaru Raih Penghargaan Capaian Vaksinasi dari Wakapolri
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru meraih penghargaan capaian Vaksinasi dari Wakapolri. Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Pekanbaru sudah 116 persen. Jumlah itu melebihi target yang ditetapkan sejak dimulainya vaksinasi.

"Pemko Pekanbaru berhasil meraih penghargaan dari Wakapolri hasil dari upaya dilakukan Pemko Pekanbaru untuk mencapai target vaksinasi."

"Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Wakapolri yang memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UNRI. Beliau juga menyaksikan vaksinasi massal serentak. Capaian vaksinasi warga Pekanbaru merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan kota/kabupaten lain yang ada di Provinsi Riau," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT yang menerima penghargaan dari Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono di halaman Kampus Pascasarjana Universitas Riau (UNRI), Pekanbaru pada Kamis (24/3/2022) lalu.

Wakapolri juga memberikan penghargaan kepada kabupaten dan kota yang pencapaian vaksinasinya tertinggi di Riau. Pekanbaru mendapatkan penghargaan sebagai kota dengan capaian vaksinasi tahap pertama di atas seratus persen.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama tim vaksinasi Kota Pekanbaru, baik oleh Polri, TNI, Pemprov Riau, dan tim Pemko Pekanbaru maupun relawan vaksinasi dari berbagai kalangan mulai dari paguyuban hingga lembaga pendidikan. Prestasi yang diperoleh hari ini tentunya atas keseriusan pemerintah dan dukungan dari masyarakat," ungkap Firdaus.

Menurutnya, dengan kerja tim yang padu, Pemko Pekanbaru bisa memberikan edukasi vaksinasi kepada masyarakat. Dengan begitu, kekebalan kelompok akan terwujud.

Namun, berdasarkan pemetaan yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 Pekanbaru, jumlah kasus alami penurunan. Tambahan kasus positif harian hanya berkisar di bawah lima kasus.

Kondisi ini membuat Kota Pekanbaru ditetapkan pemerintah pusat turun dari PPKM level 3 menjadi Level 2.

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru mencatat ada 488 kasus aktif saat ini. Ada penurunan sebanyak 243 kasus aktif dalam dua pekan ini.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi peningkatan kasus usai libur mudik lebaran 2022.

Ia mengatakan, dirinya berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah agar kasus covid-19 tidak meningkat jelang mudik Lebaran.

Tim vaksinasi juga menggesa capaian vaksinasi booster atau dosis ketiga. Capaian vaksinasi booster di Kota Pekanbaru masih berkisar 21,41 persen.

Sementara itu capaian vaksin anak dan lanjut usia atau lansia juga sudah hampir 70 persen. Tim bakal menggesa capaian vaksinasi, guna menghadapi libur mudik lebaran.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, sasaran wajib vaksin ada sebabayak 851.113 orang. Sementara, capaian vaksinasi di Pekanbaru telah mencapai 870 ribu orang lebih. Jumlah capaian tersebut telah melebihi target yang ditetapkan. (rilis)

Tags : Walikota Pekanbaru Firdaus, Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan, Penghargaan Capaian Vaksinasi dari Wakapolri,