Linkungan   2023/09/14 13:14 WIB

Wisata Hutan Mangrove Okura Masih Terasa Walau Dipinggiran Kota

Wisata Hutan Mangrove Okura Masih Terasa Walau Dipinggiran Kota

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kota Pekanbaru adalah rumah bagi salah satu ekosistem yang mungkin jarang diperhatikan oleh masyarakat luas, yaitu hutan mangrove.

Untuk detikers yang berdomisili di Pekanbaru boleh mengunjungi tempat yang akan kita bahas satu ini, Hutan Mangrove Okura.

Dilansir dari situs resmi Hutan Mangrove Okura, Instagram Resmi Wisata Mangrove Okura, dan sumber utama laman resmi pemprov Riau.

Dari lokasi persisnya, jam buka, harga tiket hingga aktivitas menarik yang bisa dinikmati.

Okura sebuah desa yang berada di paling ujung Kota Pekanbaru. Di sini suasana alam pedesaan masih terasa walau masuk ke dalam administratif Kota Pekanbaru.

Nama Desa Okura tersebar ke mana-mana berkat sentuhan kreatif para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) memanfaatkan alam menjadi tempat yang enak untuk di kunjungi dan bersantai, di sudut Kota Pekanbaru.

Berawal dari Taman Bunga Okura, mengangkat nama Okura menjadi sebuah desa wisata. Kini kembali hadir kreativitas anak mudanya mengangkat vegetasi alam Sungai Ukai sebagai tempat Wisata Mangrove Okura.

Tempat yang eksotis untuk mengambil konten foto dan video. Hutan mangrove ini adalah salah satu ekosistem mangrove yang terbesar di wilayah Riau. Terletak di tepi Sungai Siak, hutan ini memiliki luas sekitar 1.500 hektar.

Salah satu hal yang membuat Hutan Mangrove Okura istimewa adalah keragaman hayati yang luar biasa. Berbagai jenis tumbuhan mangrove seperti Rhizophora apiculata, Avicennia alba, dan Sonneratia alba tumbuh subur di sini.

Rute dan Lokasi Hutan Mangrove Okura
Lokasi mangrove ini terdapat di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur. Wisata alam ini berada di tepi aliran Sungai Siak.

Perjalanan dari pusat kota Pekanbaru dimulai dengan melewati Jembatan Siak, lalu masuk ke wilayah Danau Butan, mengikuti Jalan Pramuka dan Jalan Danau Buatan.

Setelah itu kita dapat berbelok ke arah kanan dan terus berkendara hingga mencapai Simpang Tiga. Dari sana, beloklah ke kiri dan ikuti Jalan Raya Panjang Okura.

Setelah mencapai jalan ini, detikers dapat melanjutkan perjalanan hingga mencapai Desa Wisata Okura. Perjalanan ini dapat ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Jam Buka dan Harga Tiket
Kamu bisa datang kapan saja ke Desa Wisata Okura. Tidak ada jam operasional yang ditetapkan untuk destinasi yang satu ini. Namun, setiap atraksi wisata di sini biasanya punya jam operasional yang berbeda.

Berbeda dengan sebagian besar destinasi wisata lainnya, detikers tidak akan dikenakan biaya masuk ketika mengunjungi Desa Wisata Okura.

Namun, bagi detikers yang ingin datang dengan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir. Untuk sepeda motor, tarif parkirnya adalah Rp5.000, sementara untuk mobil, tarif parkirnya adalah Rp10.000.

Beragam Rekomendasi Atraksi di Desa Wisata Okura. Berlibur ke Desa Wisata Okura merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menikmati atmosfer pedesaan yang jarang ditemui di tengah pembangunan yang semakin pesat.

Selain Hutan Mangrove Okura ada baiknya mencoba beberapa atraksi wisata yang ada di Desa Okura:

1. Taman Bunga Impian Okura

Salah satu daya tarik utama Desa Wisata Okura adalah Taman Bunga Impian. Taman seluas dua hektar ini dikelilingi oleh berbagai jenis bunga berwarna-warni.

Bunga matahari menjadi salah satu jenis bunga yang mudah ditemukan di sini, dengan ladang bunga matahari yang mengundang untuk berfoto.

Selain bunga matahari, detikers juga akan menemukan berbagai jenis bunga lainnya seperti bunga merah, merah muda, dan kuning yang menambah keceriaan suasana.

Pengunjung bahkan memiliki kesempatan untuk membeli bibit bunga untuk ditanam di rumah.

Setelah berfoto-foto, detikers bisa bersantai di gazebo yang tersebar di sekitar taman. Detikers juga bisa menyaksikan burung merpati yang sering datang ke area ini untuk mencari makan.

Terletak di tepi Sungai Siak, Taman Bunga Impian Okura menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Keberadaan pepohonan yang melimpah di sekitar kawasan desa menjadikan suasana sangat sejuk dan menyegarkan.

2. Wisata Alam Sungai Siak

Salah satu atraksi lain yang ada di Desa Wisata Okura adalah Sungai Siak. Sungai ini merupakan sungai terdalam di Indonesia yang kedalamannya dulu mencapai 30 meter, namun akibat pendangkalan kini hanya tinggal sekitar 18 meter.

3. Wisata Dakwah Okura

Salah satu daya tarik menarik lainnya di Desa Wisata Okura adalah Wisata Dakwah Okura. Konsep wisata ini menawarkan berbagai aktivitas yang merupakan bagian dari sunnah Rasulullah SAW, seperti memanah, berkuda, dan berenang.

Siapa pun bisa datang ke sini dan mencoba kegiatan menarik seperti memanah. Area khusus telah disediakan untuk aktivitas ini, lengkap dengan peralatan dan sasaran tembak.

Selain itu juga bisa mencoba pengalaman berkuda yang seru. Ada banyak kuda yang tersedia, dan jika detikers tidak mahir, instruktur akan siap membantu detikers.

Selama melakukan aktivitas ini, detikers akan diajak berkeliling desa sambil menikmati pemandangan sekitar.

Desa Wisata Okura juga memiliki trek khusus dan lapangan pacu kuda yang digunakan untuk berbagai pertandingan.

4. Tari Badeo

Selain keindahan alam dan berbagai aktivitas menarik, Desa Wisata Okura juga menyuguhkan budaya lokal. Di sini, detikers bisa menikmati Tari Badeo, salah satu tarian tradisional suku Melayu.

Tarian ini telah diaransemen dengan baik untuk hiburan pengunjung. Musik pengiringnya dimainkan dengan alat musik tradisional seperti gendang dan talempong.

Jika ingin merasakan keindahan Hutan Mangrove Okura beserta beragam atraksi menarik, detikers bisa langsung mengunjungi Desa Wisata Okura. (*)

Tags : wisata di pekanbaru, wisata di riau, wisata riau, hutan mangrove okura ,