Daik Lingga   2024/04/20 17:58 WIB

25 Tahun Rusak Parah, Jalan di Desa Kuala Raya Diperbaiki

25 Tahun Rusak Parah, Jalan di Desa Kuala Raya Diperbaiki
Misran Kades Kuala Raya

DAIK LINGGA, RIAUPAGI.COM - Jalan Desa Kuala Raya, Kecamatan Singkep Barat, Daik Lingga akhirnya diperbaiki.

"Jalan menuju desa di pedalaman itu mendapat perbaikan setelah sekitar 25 tahun rusak parah."

"Dulunya sewaktu Kades Deki jalan ini dianggarkan melalui dana desa Padat Karya Tunai, tapi setelah saya pikir ini harus dirubah polanya," kata Misran Kades Kuala Raya dalam laporannya melalui pesan elektronik Whats App, Sabtu (20/4).

Menurutnya, melalui dana desa jadi buang anggaran, karena setelah dianggarkan untuk perbaikan tetapi kembali ditumbuhi semak belukar.

"Makanya bersama Kades Bakong [desa tetangga] punya inisiatif minta bantuan Pemkab Lingga melalui Dinas PU, Alhamdulillah terealisasi bantuan dana perbaikan jalan," sebutnya.

"Pada bulan tiga kemarin sudah siap perbaikan jalan desa selesai dikerjakan, nanti usai Lebaran tahun ini kembali dilanjutkan," ujarnya.

Sejumlah alat berat pun tampak berada di lokasi untuk memperbaiki jalan dengan lebar tiga meter itu. Jalan tersebut dikerok untuk diaspal ulang.

Perbaikan jalan sepanjang 9,8 kilometer itu menggunakan data bersumber dari APBD.

Ditanya besaran anggran untuk perbaikan jalan desa ini, Misran tak menjawab.

Menurutnya, jalan yang menghubungkan desa itu dilebarkan menjadi empat meter. 

Tetapi Misran mengaku, perbaikan jalan desa besar fungsinya. Pertama para tenaga pengajar guru yang mengajar di daerah Bakong harus menuju lokasi Pasir Bulan untuk melintasi jalan desa satu-satunya. Pengguna jalan lainnya juga oleh para petani penderes karet, aktivitas nelayan pencari kerang dan gonggong laut, pemburu karang, udang dimusim air kering. (rp.sdp/*)

Tags : jalan, jalan desa diperbaiki, desa kuala raya, daik lingga, kepri, jalan dipedalaman desa diperbaiki,