Rokan Hulu   2023/02/06 11:23 WIB

Air Terjun Aek Martua di Negeri Seribu Suluk Wisata Alam yang Populer di Rohul

Air Terjun Aek Martua di Negeri Seribu Suluk Wisata Alam yang Populer di Rohul

ROKAN HULU, RIAUPAGI.COM - Air Terjun Aek Martua di Negeri Seribu Suluk mrupakan tempat wisata alam yang populer di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Daerah ini terdapat ragam wisata wisata yang cocok buat healing. Nama Aek Martua berasal dari bahasa Mandailing, suku yang mayoritas di daerah tersebut. Memiliki arti "Air Bertuah". Dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru masih butuh sekitar 3,5-4 jam untuk ke Kota Pasirpengaraian.

Bisa menyewa travel dengan kisaran ongkos Rp60 ribu atau menggunakan angkutan umum tipe L300 jurusan Pekanbaru-Pengaraian dengan ongkos kisaran Rp50 hingga Rp60 ribu ribu per orang.

Tiba di Pasirpengaraian terus menuju Dusun Huta Padang, Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, yang merupakan lokasi Air Terjun Aek Martua (AM).

Jika untuk camping bisa dengan menyiapkan perlengkapan tenda sendiri, karena belum ada yang menyediakan peralatan itu di dekat air terjun.

Sebab perjalanan yang cukup jauh harus menempuh perbukitan. Sebab air terjun ini berasal dari Bukit Simalombu, yang merupakan bagian dari Bukit barisan yang ada di Pulau Sumatera. 

Tetapi bagi yang mau langsung pulang ada baiknya berangkat pada pagi hari, atau menginap semalam di Kota Pasirpengaraian.

Masuk ke kawasan air terjun AM bagi yang membawa mobil mesti parkir di dekat warung atau rumah warga. Namun kalau pakai sepeda motor bisa lanjut melintasi jembatan gantung dari kayu.

Untuk karcis masuk Rp5 ribu per orang dan parkir sepeda motor Rp20 ribu hingga Rp25 ribu saja. Jam operasional Air Terjun Aek Martua tiap hari, hanya saja ramai dikunjungi Sabtu juga Minggu.

Ketinggian air terjun bervariasi ada yang sekitar 15 meter, juga 40 meter. Biasanya ada saja pelancong yang nekat lompat air terjun. Air yang jernih bisa terlihat ikan-ikan berenang bebas.

Ada juga pelancong yang berfoto di air terjun di tingkat ketiga. Tetapi harus berhati-hati sebab jalannya licin dan banyak bebatuan. Untuk tingkat lainnya jarang disinggahi, sebab jauh naik ke atasnya.

Suasana alam masih terjaga dan udara yang sejuk bikin tenang. Bagus juga bawa cemilan atau makan siang, karena pasti lapar setelah perjalanan jauh. (rp.ind/*)

Tags : Air Terjun Aek Martua, Negeri Seribu Suluk, Wisata Alam di Rohul,