News   2024/01/07 21:52 WIB

BMKG Nilai Cuaca Ekstrim Masih Melanda Riau di Akhir Pekan Pertama Januari 2024, 'Hujan Deras Disertai Angin Kecang dan Petir Masih Terjadi'

BMKG Nilai Cuaca Ekstrim Masih Melanda Riau di Akhir Pekan Pertama Januari 2024, 'Hujan Deras Disertai Angin Kecang dan Petir Masih Terjadi'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika [BMKG] memperkirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi di sebagian wilayah Riau hari ini, Minggu 7 Januari 2024.

"Cuaca ekstrim masih melanda Riau di Akhir Pekan Pertama Januari 2024."

"Cuaca ekstrim ini diperkirakan melanda wilayah kabupaten kampar, Kuansing, bengkalis, Rohul, siak, Inhil, pelalawan, meranti, kota dumai dan pekanbaru, pada pagi, siang atau sore dan malam atau dini hari," kata BMKG, Gita Dewi.

Gita menuturkan, untuk pagi hari cuaca berawan dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Rohil, Siak, Pelalawan dan Kota Dumai.

"Berlanjut pada siang-sore hari, cuaca berawan. Ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di hampir seluruh wilayah provinsi riau," tuturnya.

Sedangkan pada malam hari, cuaca cerah berawan-berawan dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Inhil, Kampar, Kuansing dan Pelalawan.

"Untuk Senin 8 Januari2024 dini hari nanti, udara kabur-berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah, kabupaten Inhil, Inhu, kampar, Kuansing, Meranti, pelalawan, siak, kota dumai dan pekanbaru," tukasnya.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Riau.

"Potensi cuaca ekstrim ini terjadi di sebagian wilayah kabupaten kampar, Kuansing, bengkalis, siak, Inhil, pelalawan, meranti, kota dumai dan pekanbaru, pada pagi, siang atau sore dan malam atau dini hari," kata Prakirawan BMKG Riau, Mia.

Mia menuturkan, pada pagi hari cuaca cerah berawan-berawan, dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuansing, Inhu, Bengkalis, Siak dan Inhil.

"Untuk siang-sore hari, cuaca berawan. Ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di hampir seluruh wilayah provinsi riau," tuturnya.

Sedangkan pada malam hari, cuaca cerah berawan-berawan, dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rohul, Rohil dan Kampar.

"Potensi hujan pada malam hari juga terjadi di kabupaten bengkalis, Kuansing, Inhu, Inhil, pelalawan, meranti, kota Dumai dan pekanbaru," tambahnya.

Berlanjut pada Minggu (7/1/2024) dini hari, udara kabur-berawan. Namun, tetap dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rohul, Rohil, Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan, Meranti, Kuansing dan Kota Pekanbaru. (*)

Tags : badan meteorologi klimatologi geofisika, bmkg, cuaca ekstrim, riau, januari 2024, hujan deras disertai angin kecang dan petir, News,