Siak   2023/09/20 21:22 WIB

Bupati Alfedri Berpartisipasi dalam Puncak Festival Siak Hijau

Bupati Alfedri Berpartisipasi dalam Puncak Festival Siak Hijau

SIAK, RIAUPAGI.COM - Bupati Siak, Alfedri berpartisipasi dalam Puncak Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan tema 'Masyarakat Sejahtera Alam Lestari'.

Festival LIKE berlangsung selama tiga hari dengan empat zona yang menghadirkan berbagai kegiatan berdasarkan empat tematik materi.

Zona Biru mengangkat Komitmen Energi Baru Terbarukan, Zona Hijau Indonesia FOLU Net Sink 2030, Zona Kuning menekankan Inovasi Pemulihan Lingkungan, dan Zona Ungu membahas Masyarakat Sejahtera Alam Lestari.

Acara ini dibuka Presiden RI, Jokowi didampingi Menteri LHK, Siti Nurbaya, serta dihadiri para Gubernur, Pj Gubernur se-Indonesia, dan Bupati dari berbagai daerah. Acara ini berlangsung di Indonesia Arena, Kawasan GBK, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Bupati Siak, Alfedri menyampaikan pandangannya tentang Festival LIKE sebagai wadah untuk mengenalkan kerja aktual dan langkah-langkah korektif dalam kebijakan serta implementasinya di bidang kehutanan dan lingkungan hidup dengan prinsip-prinsip keberpihakan kepada masyarakat. Salah satu tujuannya adalah mendorong produktivitas masyarakat melalui akses pengelolaan hutan sosial.

Upaya pemulihan lingkungan dengan mengendalikan deforestasi, penanaman pohon, penanganan ekoriparian, replikasi ekosistem, dan pelestarian kawasan konservasi serta satwa liar juga menjadi fokus utama.

"Upaya pemulihan lingkungan dan pengendalian ekosistem gambut sudah kita lakukan melalui program siak hijau, yang memiliki tujuan yang sama, yaitu melestarikan alam sambil meningkatkan ekonomi masyarakat," jelas Alfedri.

Program Siak Hijau memiliki dasar hukum dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2022. Program ini merespons kondisi lingkungan setelah terjadi kebakaran hutan parah pada tahun 2015, yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan polusi udara serta dampak serius pada aktivitas masyarakat.

Prestasi Siak Hijau telah menarik perhatian di tingkat nasional dan internasional, menjadi model pembangunan yang menyatukan solusi untuk masalah lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat.

Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak untuk bersama-sama merehabilitasi hutan dengan menanam sebanyak mungkin pohon.

Dalam sambutannya, Presiden juga menyampaikan keprihatinannya terkait perubahan iklim dan polusi udara di Jakarta, dan mengimbau kepada pesepeda untuk menjaga kualitas udara dengan menggunakan masker jika diperlukan.

Partisipasi Siak dalam Festival LIKE dan fokusnya pada keberpihakan kepada lingkungan dan masyarakat menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keberlanjutan dan keberpihakan pada alam serta kesejahteraan warganya. (rp.mhr/*)

Editor: Surya Dharma

Tags : Bupati Siak Alfedri, Bupati Berpartisipasi dalam Puncak Festival Siak Hijau, Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan ,