Indragiri Hulu   2021/12/22 22:35 WIB

Bupati Rezita Meylani Yopi Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat

Bupati Rezita Meylani Yopi Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat
Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi resmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gapoktan.

INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi, melakukan peresmian lumbung pangan di Kelurahan Air Molek I Kecamatan Pasir Penyu, Rabu (22/12/2021).

Sebelunya Pemerintah Kabupaten Inhu melalui Dinas Ketahanan Pangan Inhu membangun Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) 10 kecamatan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Inhu untuk mengoptimalkan ketersediaan pangan.

Bupati Inhu mengatakan bahwa pemerintah pusat maupun pemerintah daerah melaksanakan pengembangan lumbung pangan masyarakat melalui upaya pemberdayaan masyarakat dengan peningkatan kemampuan sumberdaya manusia dalam pengelolaan lumbung pangan. Selanjutnya optimalisasi sumber daya yang tersedia dan penguatan kapasitas kelembagaannya dan diharapkan dapat dikembangkan secara mandiri, berkelanjutan serta berperan secara optimal dalam penyediaan pangan.

“Pembangunan lumbung pangan ini diharapkan bermanfaat untuk masyarakat Indragiri Hulu umumnya dan Gapoktan khususnya dan semoga program ini berlanjut terus demi kesinambungan dan kemandirian ketahanan pangan ke depannya,” kata Rezita.

Rezita menambahkan, untuk tahun 2021 ini Kabupaten Indragiri Hulu mendapat 10 lumbung di 10 kecamatan untuk 10 Gapoktan dengan sumber dana berasal dari dana alokasi khusus fisik tahun anggaran 2021.

Bupati Rezita mengapresiasi beberapa perusahaan yang ada di Indragiri Hulu, di antaranya PT Tunggal Perkasa Plantations, PT Seko Indah, PT Sinar Widita Pratamata, PT Inecda dan PT Sawit Jaya Mandiri Lestari atas dukungan dan kontribusi melalui program CSR melakukan perbaikan akses jalan bagi para kelompok tani dan masyarakat.

Kegiatan juga dilaksanakan penyerahan SK Menteri Pertanian RI tentang Duta Pertanian Andalan Pembangunan kepada Ridwan Nurbaqin, SM, penyerahan sertifikat petani berprestasi peringkat ke-3 tingkat Provinsi Riau kepada Acun Basuni, penyerahan 2 unit hand tractor kepada kelompok tani serta penandatangan prasasti lumbung pangan Gapoktan Karya Makmur.

Acun Basuni, perwakilan Gapoktan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Inhu atas dukungannya hingga 10 Gapoktan dapat terbentuk dan berjalan lancar.  

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan Inhu Isnidar mengatakan dalam laporannya bahwa sektor pertanian memiliki kaitan yang sangat erat dengan ketahanan pangan dan menjadi prioritas agar terhindar dari krisis pangan.

"Pemerintah menetapkan adanya cadangan pangan baik cadangan pangan pemerintah maupun masyarakat."

“Salah satu usaha meningkatkan cadangan pangan masyarakat dapat kita lihat dalam lumbung masyarakat, dengan adanya lumbung pangan mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi Gapoktan, kelompok tani wanita,” kata Isnidar.

Tampak hadir pada acara tersebut sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, antara lain Camat Pasir Penyu beserta Forkopimcam Kecamatan Pasir Penyu, Lurah Kelurahan Air Molek I beserta lurah dan kepala desa se-Kecamatan Pasir Penyu, pimpinan perusahaan di Kab.Inhu, Ketua Gapoktan Karya Makmur beserta para ketua kelompok tani dan tamu undangan lainnya. (*)

Tags : Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat,