Headline Indragiri Hulu   2022/01/19 10:44 WIB

Cegah Karhutla, PT Inecda Plantation Perkuat Kelompok Tani Peduli Api di Desa

Cegah Karhutla, PT Inecda Plantation Perkuat Kelompok Tani Peduli Api di Desa

INHU - Perusahaan Perkebunan PT Inecda Plantation memberikan pelatihan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di enam desa di Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

"Perusahaan dan masyarakat peduli KTPA dilakukan pada wilayah yang berada di enam desa di lima kecamatan."

"Semoga ini dapat memenuhi harapan apa yang dicita citakan Bapak Presiden Jokowi, untuk bebas dari asap," kata General Manager (GM) PT Inecda Plantation, Khamdi, Selasa (18/1/2022) kemarin.

Dia juga berharap agar tim KTPA yang dibentuk dan dibina selama ini menjadi garda terdepan dalam memerangi asap.

"Ini guna mencegah karhutla perlu semangat tinggi dan kekompakan tim sebagaimana semangat kami pada kantor yang baru," katanya.

Adapun KTPA yang dilakukan di Desa Tani Makmur Kecamatan Rengat Barat, Sei Babat Kecamatan Seberida, Titian Resak Kecamatan Seberida, Desa Talang Sungai Limau Kecamatan Rakit Kulim, Desa Perkebunan Sungai Parit Kecamatan Sei Lala dan Desa Petalongan Kecamatan Pasir Penyu.

Dalam pelaksanaan KTPA hadir General Manager (GM) PT Inecda Khamdi dan sejumlah staf dan karyawan, tiga puluhan anggota KTPA dari enam desa, sejumlah Kepala Desa [Kades] diantaranya Kades Tani Makmur Sulistio, Kades Sei Babat Jamini, Kades Petalongan Erwin, Kades Talang Sungai Limau Girno, selain itu hadir camat Seberida yang diwakili oleh Kasi Trantib Muji Santoso, Bhabinkamtibmas Desa Tani Makmur Aipda Rizki Bayu Bhabinsah Tani Makmur Ependrisal dan sejumlah undangan lainnya.

Kades Seibabat, Jamini dalam sambutannya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh perusahaan perkebunan PT Inecda Plantation.

"Semoga KTPA binaan perusahan yang hari ini diberikan pelatihan dapat menjadikan harapan dalam memerangi api mencegah kebakaran yang biasanya terjadi pada musim kemarau," kata Jamini.

Perusahaan PT Inecda sedang memaparkan dalam pelatihan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA).

"KTPA ini diharapkan bukan hanya sebagai serimonial saja tapi dapat menciptakan nol titik api, sebagaimana yang sudah kita lakukan tahun sebelumnya diwilayah kita," katanya.

Dia juga mengajak bersama-sama menjaga api dengan semangat besar bercustom merah namun wilayah kita tidak ada merah api.

Perusahaan PT Inecda juga memberikan penghargaan dari KTPA terbaik dari enam KTPA yang ada yakni terbaik KTPA Desa Seibabat Kecamatan Seberida. Selain penghargaan, berupa sertifikat dan hadiah juga memberikan modal usaha tambahan sebesar 6 juta rupiah kepada KTPA Desa Seibabat.

Untuk pelatihan KTPA ini perusahaan PT Inecda mengundang Manggala Agni Daops Sumatera bagian VII Rengat sebagai pemateri ke enam KTPA.

Fhoto bersama setelah acara rapat Pencegahan Karhutlak dan Prmbentukan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di depan Kantor PT Inecda Plantations.

Kepala Manggala Agni Rengat melalui kepala Regu, Andrean mengatakan bahwa KTPA yang utama adalah bertugas sebagai pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) diwilayahnya masing-masing dan bukan sebagai petugas pemadaman.

Andrean menjelaskan, untuk konsentrasi yang utama bagi KTPA adalah bagaimana trik-trik pencegahan agar tidak terjadi kebakaran dan bukan untuk pemadaman, dan untuk pemadaman KTPA sifatnya hanya membantu. "MPA ini acuannya adalah Permentan Nomor 5 Tahun 2018," sebutnya.

GM PT Inecda Plantation, Khamdi (kiri) bersama Zulkifli AP S.Sos MM Redaksi riaupagi.com

Setelah memberikan materi pemahaman pencegahan lebih kurang satu jam langsung diadakan simulasi pemadaman Karhutla dilapangan depan kantor kebun yang baru diresmikan management PT Inecda Plantation. (*)

Tags : PT Inecda Plantation, Pelatihan Kelompok Tani Peduli Api, KTPA di 6 Desa di Inhu,