Pendidikan   2024/03/09 14:46 WIB

Disdik Kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta, 'untuk Wujudkan SDM Berkualitas di Riau'

Disdik Kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta, 'untuk Wujudkan SDM Berkualitas di Riau'
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemprov Riau dengan Universitas Negeri Yogyakarta

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Senin, 4 Maret 2024 lalu.

"Disdik wujudkan SDM berkualitas di Riau."

"Poinnya terfokus pada pembangunan SDM yang berkualitas di suatu daerah. Karena hal ini selalu tegak lurus, SDM berkualitas ditentukan oleh pendidikan yang berkualitas pula," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau Tengku Fauzan Tambusai.

Dia menyebutkan hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) di Provinsi Riau.

Dalam Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) tersebut, Pemprov Riau diwakili oleh Kadisdik Riau Tengku Fauzan Tambusai, dan pihak Universitas Negeri Yogyakarta diwakili Pembantu Rektor Bidang Akademis Prof Dr Suwantoyo, MKes, AIFO.

"Kerjasama ini kita lakukan karena menilai UNY merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas. Dengan sahnya kita bekerjasama semoga bisa menjadi langkah awal untuk melahirkan generasi SDM yang berkualitas kedepannya," ungkapnya.

Selain itu, kata Fauzan, di Provinsi Riau juga memiliki sekolah berbakat olahraga (SKO) yang mana kedepannya, peserta didik berprestasi dapat melanjutkan pendidikan di UNY yang telah memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK).

"Jadi bagi peserta didik berprestasi bisa kirimkan kesana (UNY, red). Di FIKK Universitas Negeri Yogyakarta itu telah membina atlet nasional dari berbagai cabang olahraga," kata Tengku Fauzan Tambusai.

Tentang bagaimana mekanisme pengiriman peserta didik berprestasi yang akan melanjutkan pendidikan di UNY, Tengku Fauzan menyebutkan pihaknya akan melakukan komunikasi dengan Biro Kesra.

"Nanti akan kita komunikasikan dengan Biro Kesra bagaimana mekanisme beasiswanya. Yang penting kerjasama ini nantinya bisa kita kembangkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dunia pendidikan di Riau," pungkasnya. (rilis)

Tags : Disdik dan Universitas Negeri Yogyakarta kerjasama, tingkatkan sdm, SDM Berkualitas di Riau,