Kesehatan   2022/05/17 11:9 WIB

Diskes Pekanbaru Ungkap Cara Mencegah Hepatitis, 'Walaupun Belum Ditemukan Kasusnya'

Diskes Pekanbaru Ungkap Cara Mencegah Hepatitis, 'Walaupun Belum Ditemukan Kasusnya'

PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) ungkap cara mencegah kasus Hepatitis, walaupun sampai saat ini belum menjangkiti masyarakat Pekanbaru.

"Kasus Hepatitis belum ditemukan menjangkiti masyarakat Pekanbaru, Riau."

"Hepatitis belum ada dilaporkan, masih kasus yang di pusat. Belum ada di Pekanbaru, Riau, belum ada," kata Kepala Dinkes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih didepan media, Senin (16/5/2022).

Dia mengakui hingga kini tidak ada laporan kasus Hepatitis di Pekanbaru. Meski begitu, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada.

"Kita minta ya masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan memastikan makanan yang dimakan sehat," pintanya.

Menurutnya, kasus Hepatitis di pusat dinilai jenis Hepatitis A. Jenis tersebut tersebar melalui makanan. "Makanya makanan itu lah yang harus kita jaga, dipastikan bersih, harus dimasak, dibungkus, jangan dibuka, jangan dihinggapi lalat, jangan kena debu," sebutnya.

Hepatitis A sangat rentan terhadap anak-anak. Hal itu dikarenakan banyak anak-anak yang tidak begitu memerhatikan kebersihan makanan. Namun pihaknya tidak menampik, kasus ini bisa terjadi kepada orang dewasa, "Hepatitis A ini bisa menyerang semua kelompok umur."

Jadi kasus Hepatitis ini memiliki banyak jenis, mulai dari Hepatitis A, B, C, D dan E. Tetapi masing-masing jenis Hepatitis ini penyebaran virus nya berbeda-beda. Penyebaran bisa terjadi melalui darah hingga hubungan seks. (rp.sul/*)

Tags : Dinas Kesehatan Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Diskes Ungkap Cara Mencegah Hepatitis, Kasus Hepatitis Belum Ditemukan di Pekanbaru,