Politik   2022/12/02 8:1 WIB

Edy Natar Pastikan Kunjungan Anies Baswedan ke Riau Berjalan Baik dan Aman, 'Walaupun Sempat Hadapi Hambatan'

Edy Natar Pastikan Kunjungan Anies Baswedan ke Riau Berjalan Baik dan Aman, 'Walaupun Sempat Hadapi Hambatan'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Acara kedatangan bakal calon Presiden RI Anies Baswedan ke Kota Pekanbaru menghadapi hambatan seperti terjadinya dihadapi pihak panitia yang belum mendapat izin keramaian.

"Kunjungan Anies Baswedan ke Riau dipastikan berjalan baik dan aman walaupun sempat hadapi hambatan."

"Seperti informasi dari panitia, Saya lantas tanyakan tentang apakah benar area jalan gajah mada, lapangan MTQ, atau stadion yang ada di panam ada rencana akan digunakan juga oleh Pemprov pada minggu dan senin tanggal 4-5 Desember 2022," tanya Dewan Pakar Partai Nasdem Riau yang juga Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dalam keterangan resminya, Kamis (1/12).

"Saya juga telah tanyakan izin ke pihak kepolisian dicabut karena akan digunakan Pemprov Riau pada waktu yang sama," sambungnya.

Kegiatan kunjungan bakal calon Presiden RI, Anies Baswedan ke Riau dikabarkan terkendala soal perizinan lantaran Pemprov Riau menggelar acara di tempat dan waktu yang sama.

Edy Natar Nasution mengaku telah menelepon Gubernur Riau, Syamsuar menanyakan hal tersebut.

Tetapi Edy Natar juga sudah mempertanyakan dari penjelasan Syamsuar, tidak ada rencana Pemprov akan menggunakan lokasi-lokasi tersebut di waktu yang sama.

"Bahkan beliau mempersilakan untuk digunakan (agenda Anies Baswedan), termasuk jalan gajah mada," kata dia.

Dengan penjelasan ini, dia berharap tidak ada lagi informasi simpang siur dan rencana kunjungan Anies ke Riau terselenggara dengan baik, tertib dan aman.

"Intinya, Pemprov tidak menghambat acara yang akan dilaksanakan oleh DPW Partai Nasdem dan relawan anies yang ada di riau," tutupnya.

Menurut Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Nasdem Riau, Dedi Haryanto Lubis menyebut, awalnya Anies akan bertemu dengan masyarakat dan relawan di Gelanggang Remaja. Tetapi karena alasannya renovasi, acara dialihkan.

Kemudian dialihkan ke MTQ, tetapi kembali ada alasan ada kegiatan marching band. Dampaknya lokasi tidak bisa dipakai untuk kedatangan Anies.

Nasdem lalu mengajukan Jalan Cut Nyak Dien, tetapi lokasi itu juga tidak dapat izin dari pihak berwenang.

Kemudian diajukan lagi Jalan Gajah Mada, lagi-lagi tidak mendapatkan izin sebab alasannya ada event Tour de Siak.

"Sebenarnya bukan izin dicabut, tapi belum keluar, dan rencana awal di gajah Mada nggak bisa, karena infonya ada acara tour de siak. Tapi info pagi ini dari pihak dinas pariwisata jalan Gajah Mada bukan termasuk lokasi acara dimaksud," kata Dedi.

Karena tidak dapat izin di pusat kota Pekanbaru, makanya ada rencana dialihkan ke Jalan Naga Sakti dekat Stadion Utama Riau.

"Terpaksa kita ke ujung di Panam komplek stadion Utama. Kita tunggu izin keramaian dari kepolisian keluar baru konpers nanti," sebutnya.

Diakui Dedi Haryanto Lubis, memang hingga Kamis 1 November 2022 izin keramaian belum dikeluarkan pihak kepolisian.

Sebelumnya beredar tayangan video, bakal calon Presiden RI, Anies Baswedan menyatakan kepastiannya berkunjung ke Riau pada Minggu 4 November 2022.

"Insya Allah pada hari Minggu, 4 Desember 2022, kami akan berkunjung ke Pekanbaru, Riau. Mudah-mudahan bisa jumpa. Terimakasih," kata Anies dalam video singkat yang beredar, Kamis (1/12/2022).

Diketahui, rencana kunjungan bakal calon Presiden RI, Anies Baswedan ke Riau pada 4-5 Desember 2022 mendatang belum mengantongi izin dari kepolisian. Padahal, acara tinggal menghitung hari.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Nasdem Riau yang juga Sekretaris Panitia Kunjungan Anies Baswedan ke Riau, Dedi Harianto Lubis mengatakan, sampai saat ini, pihaknya masih menunggu keluarnya surat izin keramaian dari pihak kepolisian.

"Sejauh ini kita masih menunggu izin yang masih belum keluar," ucap Dedi.

Menurutnya, penetapan jadwal dan titik lokasi acara masih belum ada kepastian. Terakhir, panitia menyiapkan pelaksanaan dilakukan di Stadion Utama Riau.

"Semoga di stadion utama tidak ada acara mendadak lain, kita masih menunggu izin yang belum keluar. Kita sayangkan juga hal ini," kata dia.

Jadwal agenda kunjungan bakal calon Presiden RI, Anies Baswedan yang diusung Partai Nasdem itu beberapa kali mengalami perombakan. Semula, Anies akan berkunjung ke Kampar, lalu dialihkan ke Pekanbaru. (*)

Tags : Anies Baswedan, Bakal Calon Presiden Anies Baswedan, Kunjungan Anies Baswedan ke Riau,