Headline Riau   2023/01/15 15:55 WIB

Desa Mandiri di Riau Meroket Tajam, Gubernur Syamsuar Puji 'Kerja Keras' para Kepala Desa

Desa Mandiri di Riau Meroket Tajam, Gubernur Syamsuar Puji 'Kerja Keras' para Kepala Desa
Gubernur Riau menyerahkan piagam dan lencana Desa Mandiri dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau Syamsuar puji keberhasilan 9 Desa Mandiri yang juga memberikan piagam penghargaan.

"Dalam silaturahmi Gubri ke desa desa turut diserahkan piagam dan lencana Desa Mandiri dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal RI."

"Seandainya desa lain bisa menerapkan hal yang sama, tak dipungkiri desa-desa di Riau bisa menjadi maju bahkan mandiri," kata Gubri.

Pada kunjungan silaturahmi ini ke Desa Seresam, bersama rombongan Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau, Wakil Bupati Indragiri Hulu Junaidi Rachmat dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhu serta Kapolres Inhu Dody Wirawijaya yang juga ikut dihadiri Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Datuk Marjohan, Wakil Bupati Inhu Junaidi Rahman, dan para tokoh masyarakat dan adat Indragiri Hulu, serta masyarakat setempat.

Gubri juga menyerahkan kunci Cagar Budaya Rumah Tinggi di Rengat, usai kemudian Gubri berkunjung ke Desa Seresam, Kecamatan Seberida pada Jumat 13 Januari 2023.

Sambutan Kepala Desa Seresam, Rusba mengungkapkan, kebanggaannya atas kunjungan Gubri Syamsuar ke tempatnya. Ia juga berterima kasih atas perhatian Pemprov kepada desanya, dengan beberapa pembangunan ruas jalan dan drainase.

Selanjutnya, Wabub Inhu, Junaidi Rachmat mengungkapkan, bahwa Desa Seresam merupakan salah satu dari 10 desa mandiri. Ia menjelaskan bahwa Desa Seresam ini punya berbagai prestasi. Mulai dari desa percontohan anti korupsi, sampai dengan menjuarai berbagai lomba desa.

Tetapi Gubri Syamsuar dalam arahannya mengapresiasi, sejumlah prestasi dan program yang ada di Desa Seresam. Salah satunya pembangunan Masjid Darussalam Seresam yang merupakan hasil wakaf masyarakat dengan bersedekah seribu rupiah per hari.

Ia berharap Desa Seresam dapat menjadi motivasi untuk desa lainnya untuk tetap optimis dan pantang menyerah. Dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di desa. 

Dalam kunjungan Gubri Syamsuar ke desa-desa di Inhu ini juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 9 Desa Mandiri.

Penghargaan diberikan kepada kepala desa yang sudah menetapkan desanya pada kualifikasi desa mandiri.

"Ini tentunya tidak terlepas dengan kinerja dari masing-masing kepala desa yang lebih bak," kata Gubri Syamsuar dalam arahannya.

Adapun 9 desa itu adalah, Desa Seresam, Kecamatan Seberida, Desa Tasikjuang, Kecamatan Lubumberjaya, Desa Petala Bumi, Kecamatan Siberida, Desa Air Putih, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Desa Kulim Jaya, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Desa Tanah Datar, Kecamatan Rengat Barat, Desa titian barat, Kecamatan Siberida, Desa Tolong Jerinting, Kecamatan Rengat Barat, Desa Pasir,  Kecamatan Rengat.

Gubri Syamsuar mengimbau untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja dari masing-masing desa. "Kita harus punya mental optimis pak, untuk mendapatkan hasil yang terbaik," katanya. (*)

Tags : Gubernur Riau Syamsuar, Gubri Kunjungi Desa Mandiri, Gubri Puji Keberhasilan Desa Mandiri, Desa Mandiri Peroleh Piagam Penghargaan,