Kampar   2023/12/23 11:56 WIB

Hambali Dilantik Gubri Edy Natar Nasution jadi Pj Bupati Kampar, 'yang Siap Bangun Serambi Mekah Lebih Baik'

Hambali Dilantik Gubri Edy Natar Nasution jadi Pj Bupati Kampar, 'yang Siap Bangun Serambi Mekah Lebih Baik'
Hambali, Pj Bupati Kampar

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Penjabat (Pj) Bupati Kampar Muhammad Firdaus dicopot oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melalui Surat Keputusan Nomor 100.2.1.3-6598 Tahun 2023.

Berdasarkan surat tertanggal 13 Desember 2023 tersebut, Mendagri resmi memberhentikan Firdaus dan mengangkat Hambali yang merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar, sebagai Pj Bupati Kampar yang baru.

Keputusan tersebut membuat banyak pihak terkejut sebab Firdaus terhitung baru tujuh bulan menjabat sebagai Pj Bupati Kampar.

Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution melantik Hambali sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kampar yang di laksanakan di Balai Serindit Daerah Provinsi Riau, Jumat 22 Desember 2023.

Usai pelantikan Pj Bupati Kampar Hambali mengatakan akan mengemban amanah yang sudah diberikan ini dengan sebaik mungkin dengan membangun kabupaten kampar menjadi lebih baik lagi.

"Pertama yang saya akan lakukan adalah mengubah wajah bangkinang menjadi lebih baik, karna bangkinang merupakan ibukota kabupaten kampar,"ujarnya..

Hambali juga mengatakan sesuai dengan arahan Gubernur Riau Edi Natar Nasution, ia akan menjembatani agar pelaksanaan pemilu 2024 mendatang dapat berjalan lancar termasuk juga pelaksanaan pilkada pada tahun 2024 mendatang.

"Saya juga akan berusaha sebaik mungkin untuk mengerjakan hal-hal yang menjadi prioritas daerah dan nasional seperti menurunkan stunting, inflasi, kemiskinan ekstrem dan juga mengatasi banjir di kabupaten kampar,"Tambahnya.

Dalam prosesi pelantikan tersebut, Hambali membacakan pakta integritas yang akan ia emban selama menjabat sebagai Pj Bupati Kampar. Salah satunya adalah berperan aktif memberantas dan melakukan pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Menanggapi itu anggota DPRD Riau daerah pemilihan (dapil) Kampar, Tamaruddin, mengatakan bahwa hal ini merupakan keputusan pemerintah pusat yang tentunya dilakukan melalui berbagai pertimbangan.

"Karena ini wewenang pusat, kita hormati semua proses yang ada," kata dia, Kamis (21/12).

Tamaruddin menambahkan, bahwa yang terpenting adalah bukan siapa yang menjadi pemimpin melainkan kemampuannya untuk menjalankan tugas serta tanggungjawab sebagai pemimpin.

"Semoga yang ditunjuk dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya," ujarnya.

Diketahui, pelantikan Hambali sebagai Pj Bupati Kampar dijadwalkan akan diselenggarakan pada besok, Jumat, 22 Desember 2023.

"Iya, pelantikan diselenggarakan pada sore hari di Gedung Daerah Pauh Janggi," kata Pelaksana harian (Plh) Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Elly Wardhani. 

Seirama dengan Elly Wardhani, Sekretaris Daerah Riau SF Hariyanto juga mengakui pelantikan Hambali Pj Bupati Kampar.

SF menyebut pelantikan dilakukan oleh Gubernur Riau Edy Natar Nasution di Gedung Daerah. Pelantikan dijadwalkan pada pukul 16.00 WIB.

"Pelantikan sore di Gedung Daerah," kata SF Hariyanto.

Tetapi Plt Kepala Biro Hukum Elly Wardhani menyebut sejauh ini jadwal pelantikan cuma melantik Hambali yang menggantikan Firdaus.

"Hanya pelantikan Pj saja. Tidak ada yang lain sejauh ini," ujar Elly.

Firdaus dicopot Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Firdaus dicopot sebab tak netral sebagai Pj Bupati Kampar.

Tito Karnavian buka-bukan soal alasan pencopotan Firdaus. Soal ketidaknetralan Firdaus, disebut Tito dirinya mendapatkan banyak laporan. Ternyata bukan hanya Kampar, ada beberapa yang laporan masyarakat yang kita dicek oleh inspektorat benar.

"Ada bukti-buktinya, ya kita ambil langkah tegas," sebut Tito, Rabu kemarin.

Tito lalu ditanyai soal dugaan Pj Bupati Kampar Dicopot karena tidak netral. Ia lalu membenarkan pertanyaan tersebut.

"(Kalau yang Kampar betul tidak netral?) Salah satunya, salah satu alasannya adalah itu," ujarnya.

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Firdaus, Tito menunjuk Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Hambali. Hambali akan menjadi Pj Bupati Kampar berikutnya.

Hambali mengaku mendapatkan surat dari Mendagri soal pengangkatan dirinya 3 hari lalu. Ketika itu, dia diberi kabar oleh pejabat perwakilan di Jakarta. (*)

Tags : penjabat bupati kampar diganti, gubri edy natar nasution ganti pj bupati kampar, pj bupati kampar hambali siap bangun kampar lebih baik ,