Pekanbaru   2021/11/05 13:8 WIB

Pekanbaru Diguyur Hujan, Jadi 'Banyak Keluarga Terjebak Banjir'

Pekanbaru Diguyur Hujan, Jadi 'Banyak Keluarga Terjebak Banjir'

PEKANBARU - Hujan deras sejak tadi malam Jumat 4 November 2021 hingga pagi dan siang ini Jumat 5 November 2021 membuat Kota Pekanbaru dilanda banjir.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mengingatkan cuaca di Provinsi Riau dan hujan datang mengguyur disebagian wilayah. Seperti hari ini, Jumat 5 November 2021 ini pihak BMKG memprediski masih akan didominasi terjadinya hujan. 

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo mengatakan, hujan sudah terjadi sejak pagi hari di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Bengkalis.

Sedangkan pada siang hari nanti, BMKG memantau tidak ada potensi hujan di seluruh wilayah Riau. Cuaca diprediksi akan didominasi cerah berawan hingga berawan pada siang nanti. 

"Malam hari berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau," katanya. 

Sementara pada Sabtu dini hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Kampar dan Kota Dumai.

"Peringatan dini, waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau terutama pada sore hingga malam dan dini hari," tambahnya. 

Suhu udara berkisar antara 23 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembaban udara antara 55 sampai 98 persen. Angin bertiup di wilayah baratan dengan kecepatan 5 hingga 30 km/jam. 

"Prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5-1,25 meter atau berada di level rendah," sebutnya.

Hujan yang diprediksi datangnya bertubi-tubi ini membuat Tim Rescue Basarnas Pekanbaru melakukan evakuasi bagi keluarga yang terjebak banjir.

"Ada  9 orang yang merupakan satu keluarga terjebak banjir," kata Kepala Basarnas Pekanbaru, Ishak.

"Mereka dievakuasi dari rumahnya di Perumahan Tirta Kencana, Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru."

"korban terjebak banjir di rumahnya karena hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru pada Kamis 4 November 2021 malam tadi," kata Ishak lagi.

"Sembilan orang dalam satu keluarga kita evakuasi karena terjebak banjir di rumahnya, yaitu 4 dewas dan 5 anak-anak," sebutnya.

Ishak mengatakan, evakuasi dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan dari warga. "Alhamdulillah evakuasi berjalan lancar. Mereka kita evakuasi ke tempat yang lebih aman ke rumah keluarganya yang tidak terkena banjir," terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi dan Siaga SAR Basarnas Pekanbaru, Jacky Chan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi banjir yang terjadi saat musim hujan seperti saat ini.

"Untuk masyarakat riau dan khususnya pekanbaru silahkan menghubungi call center kami di 115 apabila ada suatu musibah dan kecelakaan lainya. Kita siap 24 jam dalam hal evakuasi," ujar Jacky. (rp.sul/*) 

Tags : Hujan Deras, Hujan Mengguyur Seharian, Pekanbaru, Keluarga Terjebak Banjir,