Riau   2020/12/28 11:59 WIB

Kadiskes Riau Dorong Protokol Kesehatan di Objek Wisata

Kadiskes Riau Dorong Protokol Kesehatan di Objek Wisata
Kadiskes Riau dan Satgas Covid-19 Sosialisasikan Prokes di Objek Wisata selama liburan Natal 2020.Satgas Covid-19 Kota Dumai Sosialisasikan Prokes di Objek Wisata selama liburan Natal 2020.

Kasus terkonfirmasi Covid-19 masih bertambah, pihak kesehatan terus sosialisasi dan penerapan Protokol Kesehatan [Prokes] baik di sektor pariwisata. 

PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan [Diskes] Riau Mimi Yuliani Nazir bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes), Kota Dumai, Syahrinaldi beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Dumai untuk memastikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di objek wisata Pantai Koneng.

Selain itu, Kadiskes Provinsi Riau juga meninjau  Posko Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jalan Sudirman Dumai, Kota Dumai. Kunjungan kerja Diskes Riau untuk memastikan pengunjung objek wisata di daerah itu menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19. "Kunjungan ini  tentu memberikan semangat lebih kepada kita, memberikan kekuatan kepada kita, khususnya kepada teman-teman yang ada di lapangan untuk selalu melaksanakan tugas dengan baik di dalam mengimbau masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan," kata Mimi, Sabtu (26/12).

Plt Kediskes Dumai, Syahrinaldi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kadiskes Provinsi Riau, yang secara langsung melihat posko-posko penanganan terutama di objek wisata yang ada di Dumai. Syahrinaldi berharap dengan seringnya petugas melakukan imbauan-imbauan nantinya akan mampu merubah perilaku masyarakat, untuk senantiasa mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kesempatan dan kegiatan. "Kita disini tetap menjalankan arahan dari Kadiskes Provinsi untuk terus melakukan pengawasan protokol kesehatan, terlebih di objek wisata, karena penyebaran Covid-19 di kota Dumai, masih terjadi," sebutnya.

Sebelumnya, Kadiskes Riau, memantau secara langsung penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan di Pantai Koneng, "Saya harap pengelola objek wisata di Kota Dumai memastikan protokol kesehatan dipatuhi seluruh pengunjung yang akan datang atau masuk ke lokasi wisata, wajib memakai masker, melakukan cek suhu di saat pengunjung akan membeli karcis,  dan diingatkan untuk menjaga jarak dan tidak berkerumun," katanya.

Dirinya mengapresiasi kegiatan Dinas Kesehatan Kota Dumai dengan melakukan promosi kesehatan melalui mobil keliling dan petugas-petugasnya yang selalu bergerak baik itu tatap muka maupun melalui speaker untuk selalu mengimbau dan mengingatkan masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, objek wisata memang untuk pemulihan ekonomi, namun tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan.  "Semoga apa yang sudah dilakukan oleh Diskes Dumai, bisa membuat masyarakat taat akan protokol kesehatan, dan bisa menekan angka penyebaran Covid-19 kota Dumai," kata Mimi yang juga bersama rombongan berkunjung ke Posko Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jalan Jend Sudirman dan tempat isolasi pasien Covid-19 di Hotel Superstar, Jalan Sultan Hasanudin.

Sementara kasus terkonfirmasi Covid-19 masih terus bertambah menjadi 189 orang, Mimi Yuliani Nazir. Dia mengatakan bahwa berdasarkan rekap data hingga Minggu 27 Desember 2020 di Provinsi Riau terdapat penambahan 117 kasus terkonfirmasi Covid-19, 189 pasien sembuh dan dua pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19.

Kasus meninggal dunia karena Covid-19 bertambah dua kasus. Dengan adanya penambahan ini, maka total terkonfirmasi Covid-19 di Riau menjadi 24.484 kasus dan 22.403 orang diantaranya sudah sembuh. Sementara itu, kasus meninggal dunia karena Covid-19 bertambah dua menjadi 569 kasus. Pasien yang masih menjalani perawatan, yakni 1.045 orang isolasi mandiri dan 467 orang rawat inap di rumah sakit. (*)

Tags : Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir, Protokol Kesehatan, Objek Wisata,