Kesehatan   2023/04/17 21:15 WIB

Kadiskes Riau Minta Masyarakat Tak Panik dengan Ditemukannya Kasus Covid-19 Varian Baru Arcturus

Kadiskes Riau Minta Masyarakat Tak Panik dengan Ditemukannya Kasus Covid-19 Varian Baru Arcturus
Kadiskes Provinsi Riau, Zainal Arifin

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin meminta masyarakat tak panik meski ada temuan kasus Covid-19 varian XBB.1.16 Arcturus di Jakarta.

"Masyarakat tak panik dengan ditemukannya kasus Covid-19 Varian Baru Arcturus."

“Secara langsung kita memang belum dapat edaran atau arahan dari Kemenkes RI,” kata Kadiskes Riau Zainal Arifin, Senin (17/4)

Ia meminta agar menjalankan protokol kesehatan (Prokes) agar terhindar dari varian baru tersebut.

Beberapa kasus di India, varian baru Covid-19 Arcturus dikabarkan banyak menyerang anak-anak, dengan gejala mata memerah dan belekan.

Hanya saja dari Diskes Riau, Covid-19 Arcturus sejauh ini belum ada laporan penyebaran di Riau.

Pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, terutama apa langkah-langkah yang harus dilakukan daerah untuk mengantisipasi penyebaran.

Ia meminta agar masyarakat tidak perlu panik, dan tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa dengan catatan memperketat protokol kesehatan.

“Masyarakat di Riau khususnya, tidak perlu khawatir (dengan adanya kabar Covid-19 varian Arcturus), sepanjang protokol kesehatan dilaksanakan,” tambahnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Covid-19 varian XBB.1.16 Arcturus yang disebut dengan varian baru, dikabarkan telah menular pada sejumlah warga di DKI Jakarta. 

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salam menyebutkan, bahwa pasien yang positif Arcturus memiliki gejala yang berbeda dari varian Covid-19 lain. Dijelaskan, berdasarkan data di India, varian Arcturus ini masih merupakan turunan Omicron. (*)

Tags : virus varian baru arcturus, virus xbb.1.16, masyarakat tak panik dengan ditemukannya virus varian baru arcturus,