News Daerah   2021/02/04 12:20 WIB

Lahan Masyarakat Desa Bungsur Terbakar, Nurul Huda: Sudah Kita Padamkan

Lahan Masyarakat Desa Bungsur Terbakar, Nurul Huda: Sudah Kita Padamkan

SIAK - Nurul Huda, Public Relation PT Arara Abadi APP Sinar Mas Wilayah Riau, membenarkan lahan masyarakat terbakar, dan perusahaan sudah melakukan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di lahan sawit masyarakat di Desa Bungsur Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

"Api dari lahan sawit masyarakat berjarak 1,5 km dari luar areal konsesi itu terdeteksi oleh tim patroli dan Tim Menara Api PT AA-APP SM sekitar puku 12.58 WIB," kata dia didampingi Fire Operational Management (FOM) Head, Priyo dan Distrik Manajer Siak Jhonrizal, Rabu (3/2).

Ia mengatakan, lahan yang terbakar diperkirakan sepanjang 1 sampai 2 hektare. "Sekitar pukul 14.30 WIB pemadaman kita mulai melakukan pemadaman, diperkirakan api dari kebun sawit dan belukar. Dan sampai saat ini tim serta regu pemadam kebakaran masih melakukan pemadaman," ungkapnya.

Pemadaman ini juga dilakukan dengan mengerahkan 1 unit Heli Waterbombing. "Kemarin kita juga memakai Heli SUPERPUMA APP Sinar Mas melakukan bantuan Water Bombing 1 Sortie, 68 x Bombing/Drop. Saat ini pemadaman juga masih lanjut dan sedang berlangsung juga membantu water bombing," ujaranya.

Ia juga mengatakan, pada saat pemadaman, dikerahkan jumlah personel PT AA-APP SM di TKP saat ini, RPK (Regu Pemadam Kebakaran) 6 orang, Tim Reaksi Cepat 12 orang, MPA 5 orang, security 2 orang, karyawan 9 orang, masyarakat 10 orang,TNI/Polri 2 orang, Damkar 2 orang. "Kita juga menurunkan dua unit Tohatsu V20 kita turunkan untuk memadamkan api, selanjutnya 3 unit ministriker, 1 unit pompa mark 3, alat berat excavator untuk menyekat jalur api sebanyak 2 unit," pungkasnya. (*)

Tags : Lahan Masyarakat Desa Bungsur Terbakar, PT Arara Abadi APP Sinar Mas Wilayah Riau Padamkan Karhutla,