Advetorial   2021/12/09 9:21 WIB

Pemko Terima Penghargaan 'Meritokrasi' dari Komisi Aparatur Sipil Negara

Pemko Terima Penghargaan 'Meritokrasi' dari Komisi Aparatur Sipil Negara
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil atas nama Pemko Terima Penghargaan Meritokrasi dari KASN, Selasa (7/12/2021).

PEMKO PEKANBARU Pemko Pekanbaru berhasil mendapat nilai sangat baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam Anugerah Meritokrasi yang digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa 7 Desember 2021.

Ada enam Kota dan Baupaten yang meraih penghargaan ini yaitu Pemko Bogor, Pemkab Sinjai, Wajo, Karawang, Sumedang, dan Pemko Pekanbaru. 

Meritokrasi merupakan sistem yang menekankan kepantasan atau kelayakan seseorang dalam menduduki posisi atau jabatan tertentu berdasarkan kompetensi. Dalam anugerah tersebut, Pemko Pekanbaru berhasil meraih nilai 325,5. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil yang dirilis pgi, Selasa (7/12). 

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemko Pekanbaru, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga tingkat kelurahan," sebut Muhammad Jamil yang mewakili Walikota dalam meraih penghargaan ini.

Pemko Pekanbaru ingin mencapai peluang Indonesia yang maju dan sejahtera. Hal ini sejalan dengan visi pembangunan Kota Pekanbaru dalam Smart City Madani, salah satunya Smart Government yaitu pemerintahan yang cerdas. 

Pemerintahan yang cerdas itu adalah pemerintahan yang bersih dengan tata kelola yang baik. Pemerintahan yang cerdas ini sudah dilakukan Pemko Pekanbaru.  

"Kami baru sampai ke jenjang pemerintahan yang baik. Insya Allah, kami tingkatkan ke depan dan perbaiki lagi. Sehingga, kita bisa menjadi yang terbaik," ucap Jamil. 

Semoga, penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh ASN yang ada di Pemko Pekanbaru. Agar, para ASN senantiasa meningkatkan integritas dan kapasitas dan kemampuan dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan juga pelayanan. 

"Sehingga, ASN kelas dunia itu akan dapat kita capai. Tentu saja, hal itu tercapai dengan tata kelola pemerintahan yang baik, aparaturnya menguasai ilmu pengetahuan yang baik, teknologi, dan keahlian yang baik," sebut Jamil. 

Kemudian, para ASN Pemko Pekanbaru juga harus menanamkan budaya kerja serta didukung oleh sistem kerja yang baik. Insya Allah, Pemko Pekanbaru akan mampu menjadikan ASN berkelas dunia. 

"Aparatur yang berkualitas ditambah dengan budaya kerja yang baik dan didukung oleh sistem yang sempurna,  Insya Allah kita akan menjadi yang terbaik," jelas Jamil. 

Sementara itu, Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan, keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit kategori baik dan sangat baik merupakan buah kerja keras dan komitmen seluruh jajaran di instansi pemerintah dalam memperbaiki manajemen ASN.

"Apresiasi yang sebesar-besarnya disampaikan kepada seluruh instansi pemerintah yang telah berkomitmen untuk menerapkan sistem merit serta ikut dalam penilaian penerapan sistem merit."

"Kami berharap pula agar prestasi kali ini menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di instansi pemerintah," harapnya. 

Dalam sambutannya secara daring, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, menjelaskan, Anugerah Meritokrasi digelar sebagai bukti konsistensi penegakan atas pengawasan meritokrasi di instansi pemerintah. Hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. 

Iktikad baik tersebut dapat mengakselerasi tercapainya reformasi ASN Indonesia yang merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai reformasi birokrasi. Sistem merit harus diterapkan secara konsisten mulai dari sistem rekrutmen ASN, penggajian dan reward, pengukuran kinerja, promosi jabatan, hingga pengawasan. (*)

Tags : Pemerintah Kota Pekanbaru Terima Penghargaan, Pemko Terima Meritokrasi, Komisi Aparatur Sipil Negara,