Artikel   2023/03/06 21:29 WIB

Peneliti Sebut Jalan Kaki Setiap Hari Bisa Mencegah Satu dari 10 Kematian Dini 

Peneliti Sebut Jalan Kaki Setiap Hari Bisa Mencegah Satu dari 10 Kematian Dini 
Salah satu sarannya adalah naik sepeda ke tempat kerja atau ke toko daripada menggunakan mobil

PENELITI sebut jalan kaki setiap hari bisa mencegah satu dari 10 kematian dini. Tidak harus menjadi pelari atau atlet untuk merasakan manfaat dari berolahraga - melakukan jalan cepat atau kegiatan lain yang membuat berkeringat dalam aktivitas sehari-hari sudah cukup baik, menurut sebuah analisis di Inggris.

Analisis itu menemukan bahwa jika setiap orang melakukan aktivitas fisik selama 11 menit dalam sehari maka satu dari 10 kematian dini dapat dicegah.

Namun, kebanyakan orang tidak berhasil melakukan olahraga minimal 150 menit yang disarankan dalam seminggu.

Tetapi dengan beberapa latihan lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa, kata para peneliti dari University of Cambridge.

Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) merekomendasikan, setiap orang untuk melakukan aktivitas fisik ringan yang meningkatkan detak jantung selama 150-300 menit setiap minggu atau 75-150 menit aktivitas berat selama seminggu.

Tim peneliti melihat ratusan studi sebelumnya tentang manfaat aktivitas fisik dan menyimpulkan bahwa, melakukan setengah dari jumlah yang disarankan dapat mencegah satu dari 20 kasus penyakit kardiovaskular serta hampir satu dari 30 kasus kanker.

Jumlah itu setara dengan 75 menit per minggu - atau 11 menit per hari - seperti mengendarai sepeda, berjalan cepat, hiking, menari, atau bermain tenis.

"Anda harus merasakan diri Anda bergerak, jantung Anda akan berdetak lebih cepat tetapi Anda tidak perlu merasa kehabisan napas," kata Dr Soren Brage, yang memimpin penelitian tersebut.

Melakukan latihan dalam jumlah itu cukup untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke sebesar 17% serta kanker sebesar 7%, menurut temuan tersebut.

Olahraga teratur juga akan mengurangi lemak tubuh dan tekanan darah sekaligus meningkatkan kebugaran, kualitas tidur, dan kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Manfaat olahraga bahkan lebih besar untuk beberapa jenis kanker tertentu, seperti kanker kepala dan leher, lambung, leukemia, dan darah, walaupun lebih rendah untuk kanker paru-paru, hati, endometrium, usus besar, dan payudara.

Tidak semua orang merasa mudah melakukan olahraga yang direkomendasikan oleh NHS itu - dua dari tiga orang mengatakan bahwa mereka melakukan olahraga sedang, kurang dari 150 menit (2,5 jam) dan kurang satu dari 10 orang mampu melakukan aktivitas fisik lebih dari 300 menit (lima jam) per minggu.

"Jika Anda adalah seseorang yang menganggap ide aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit seminggu agak menakutkan, maka temuan kami seharusnya menjadi kabar baik," kata Dr Brage.

"Jika Anda menemukan bahwa 75 menit seminggu dapat dikelola, maka Anda dapat mencoba meningkatkannya secara bertahap ke jumlah yang disarankan sepenuhnya."

Analisis tersebut, dalam British Journal of Sports Medicine, merujuk juga pada penelitian yang diterbitkan sebelumnya, tentang manfaat olahraga di hampir 100 penelitian besar dan 200 artikel peer-review untuk mendapatkan gambaran umum tentang buktinya.

Mereka menghitung bahwa jika setiap orang dalam penelitian telah melakukan setidaknya 150 menit olahraga seminggu - secara penuh - maka sekitar satu dari enam kematian dini dapat dicegah.

Para peneliti mengatakan, cara yang diperlukan adalah dengan cukup mengganti beberapa kebiasaan sehari-hari Anda.

Misalnya, mereka menyarankan untuk mencoba berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja atau ke toko daripada menggunakan mobil, atau aktif bermain dengan anak atau cucu Anda.

Melakukan aktivitas yang menyenangkan ke dalam rutinitas mingguan adalah cara terbaik untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik yang Anda lakukan, kata mereka.

NHS merekomendasikan orang dewasa juga melakukan aktivitas yang menguatkan otot dua kali seminggu.

Yoga, pilates, angkat beban, berkebun yang berat, dan membawa tas belanja yang berat semuanya diperhitungkan. (*)

Tags : peneliti, jalan kaki setiap hari bertambah sehat, jalan kaki bisa mencegah kematian dini,