News Kota   2022/12/24 13:46 WIB

Pengelolaan Pasar Sail Diambil Alih Pemko, 'Tetapi Kerjasama dengan Swasta Masih Terbuka' 

Pengelolaan Pasar Sail Diambil Alih Pemko, 'Tetapi Kerjasama dengan Swasta Masih Terbuka' 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih mengkaji pengelolaan Pasar Sail kedepan.

"Kerjasama pengelolaan Pasar Sail di Jalan Hangtuah sudah tidak dikelola pihak ketiga."

"Pengelolaan Pasar Sail untuk kerjasama dengan swasta masih terbuka, pihak Pemko Pekanbaru masih melakukan kajian," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Kamis (22/12) kemarin.

Ia mengatakan, saat ini Pasar Sail sudah diambil alih Pemko Pekanbaru melalui Disperindag. Pasalnya, Build Operate Transfer (BOT) sudah selesai sejak Juli 2022 lalu.

"Itu sudah ada BAST (Berita Acara Serah Terima) nya, dari pihak yang lama ke Pemko pekanbaru," katanya.

"Sekarang kita belum ada ngurus sewa, karena kita masih menunggu standar harga dari BPKAD pekanbaru, kalau kita sewakan harganya berapa," sebutnya.

Menurutnya, pengelolaan Pasar Sail ada dua opsi, tetap dikelola Pemko Pekanbaru atau dilanjutkan dikelola pihak ketiga melalui Kerjasama Pemanfaatan (KSP).

"Nanti kita akan buka lagi, tapi kita juga masih menunggu keputusan, kan sekarang masih dalam kajian nih, apakah kita kelola sendiri atau orang lain yang mengelola dalam KSP," ungkapnya.

"Intinya kita menunggu perintah, sambil yang lain-lain itu menyiapkan kajian. Mana yang lebih baik, apakah kelola sendiri atau KSP," imbuhnya.

Pasar Sail sebelumnya dikelola PT Riau Kerta Raharja sejak 20 tahun lalu. Namun masa pengelolaan itu sudah berakhir pada Mei 2022 lalu, dan belum dilakukan tender ulang. (rp.sul/*)

Tags : Pengelolaan Pasar Sail, Pemko Pekanbaru, Kerjasama Pengeloaan Pasar dengan Swasta, News Kota ,