Pekanbaru   2022/08/18 8:17 WIB

Pj Wako Pekanbaru Hadir pada Pembacaan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Virtual 

Pj Wako Pekanbaru Hadir pada Pembacaan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Virtual 
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun menjadi Inspektur Upacara pada HUT ke-77 RI (foto/rahmat)

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru bersama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pekanbaru, mengikuti pembacaan peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara RI, Rabu (17/8).

Jajaran Pemko Pekanbaru tersebut mengikuti secara virtual, bertempat di Aula Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah, Kantor Wali Kota Pekanbaru, Kecamatan Tenayan Raya.

Peringatan detik-detik proklamasi ini diikuti oleh jajaran Pemko Pekanbaru usai menggelar upacara HUT ke-77 RI di halaman Kantor Wali Kota Pekanbaru tersebut.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun memimpin langsung pelaksanaan peringatan hari kemerdekaan RI yang bertajuk "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti. Teks proklamasi seperti yang disampaikan adalah sebagai berikut:

"Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan cara seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta, 17 Agustus 1945, atas nama bangsa Indonesia, Seokarno Hatta," ujarnya.

Meskipun mengikuti secara virtual, jajaran Pemko Pekanbaru mengikuti dengan khusyuk pelaksanaan peringatan HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka, hingga selesai.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menjadi Inspektur Upacara pada HUT RI ke-77 di halaman Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya.

"Pj Wali Kota Muflihun menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi)."

"Tantangan yang kita hadapi saat ini sangat berat, sulit, dan tidak mudah. Semua negara sedang menghadapi ujian yang sama," ujar Muflihun menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo.

Krisis kesehatan, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia juga belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba, perang Ukraina meletus. Sehingga, krisis pangan, energi, dan keuangan tak terhindarkan.

Sebanyak 107 negara terdampak krisis dan sebagian di antaranya jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem.

Sementara itu, 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan akut dan kelaparan. Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan Indonesia.

"Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan. Di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur bahwa Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global," ucap Muflihun

Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan.

Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen.

Inflasi Indonesia jauh di bawa inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen. Bahkan sampai pertengahan tahun 2022 ini, APBN juga surplus Rp106 triliun.

Oleh karena itu, pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, elpiji, dan listrik sebesar Rp502 triliun pada tahun ini. Agar, harga BBM tidak melambung tinggi di masyarakat.

Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44 persen pada kuartal kedua tahun ini. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut. Pada semester pertama tahun ini, surplus neraca perdagangan sekitar Rp364 triliun.

"Capaian tersebut patut kita syukuri. Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak. Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan hati-hati. Di sisi lain, agenda-agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia maju," sebutnya. (rp.sul/*)

Tags : HUT ke-77 RI, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Pj Wako Sampaikan Pesan Presiden Jokowi,