Seni Budaya   2024/03/12 14:11 WIB

Pj Walikota Muflihun Ingin Tradisi Petang Balimau Jadi Event Nasional, 'karena Memiliki Keunikan Tersendiri'

Pj Walikota Muflihun Ingin Tradisi Petang Balimau Jadi Event Nasional, 'karena Memiliki Keunikan Tersendiri'
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun ingin tradisi Petang Balimau jadi event nasional.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Tradisi Petang Balimau yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Pekanbaru dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan, menjadi keunikan tersendiri serta menambah khasanah adat serta budaya yang ada di Kota Bertuah.

"Tradisi Petang Balimau akan didorong jadi event nasional karena memiliki keunikan tersendiri."

"Harapan kita kedepan acara ini bisa terus kita kembangkan dan juga bisa kita jadikan event nasional. Untuk itu saya sampaikan kalau misalnya hari ini mungkin bisa menghadirkan 500 orang besok mesti 1.000 orang sehingga masyarakat luas bisa lebih mengenal tentang budaya yang ada di pekanbaru ini," kata Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, Senin (11/3).

Pj Muflihu berharap dengan adanya kegiatan Petang Balimau yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini, mampu menjadikan kegiatan ini menjadi event nasional.

Kegiatan Petang balimau menurutnya, tradisi yang diwariskan orang tua terdahulu sebagai wujud rasa syukur dan kegembiraan menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Tradisi ini harus terus dilestarikan dengan berbagai kegiatan positif, yang dapat menyatukan seluruh masyarakat dan menjalin kembali tali silaturahmi serta sekaligus menjadi momentum bagi masyarakat Kota Pekanbaru untuk bersatu.

"Kegiatan petang balimau ini sekaligus menjadi momentum bagi masyarakat kota pekanbaru untuk bersatu padu menyamakan persepsi untuk berpartisipasi dalam hal pembangunan kota pekanbaru dengan perannya masing-masing," ujarnya.

"Petang balimau ini juga akan kita jadikan event nasional dengan berbagai atraksi yang lebih meriah di tahun-tahun yang akan datang," sambngnya.

Muflihun yakin dengan tekad yang kuat, kegiatan Petang Balimau ini nantinya mampu menjadi event nasional yang bisa mengangkat nama Kota Pekanbaru di kancah nasional.

"Saya yakin dengan tekad bulat kita event petang balimau ini akan menjadi event nasional sehingga mengangkat nama kota kita ke kancah nasional yang tentunya akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan warga kota pekanbaru," ungkapnya.

Acara Petang Balimau ini juga sekaligus menjadi awal mula dari rangkaian kegiatan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) serta Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2024 di Provinsi Riau selama 3 bulan kedepan. (*)

Tags : Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Tradisi Petang Balimau, Petang Megang Didorong Jadi Event Nasional, Petang Megang Miliki Keunikan Tersendiri,