Seni Budaya   2023/11/12 15:7 WIB

PRPB Pekanbaru Gelar Musyawarah Besar, Ditengah Suksesnya Perjalanan Organisasi 3 Tahun Terakhir

PRPB Pekanbaru Gelar Musyawarah Besar, Ditengah Suksesnya Perjalanan Organisasi 3 Tahun Terakhir
Organisasi Punguan Raja Panjaitan Dohot Boru [PRPB] menggelar Musyawarah Besar [Mubes] di Hotel Parma Indah, Pekanbaru, Sabtu 11 November 2023.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Punguan Raja Panjaitan Dohot Boru [PRPB] menggelar Musyawarah Besar [Mubes] di Hotel Parma Indah, Pekanbaru, Sabtu 11 November 2023.

"Mubes PRPB untuk menetapkan calon Ketua Umum dimulai Sabtu 11 November 2023, pukul 15.00 WIB-22.00 WIB."

"Sebelumnya sudah kita persiapkan kegiatan ini selama satu bulan setelah mendapat mandat dari rapat pleno PRPB Riau," kata Ketua Panitia A. Panjaitan/Br. Ritonga [Op. Gwen] dalam sambutannya.

Pelaksanaan Mubes ini telah mengalami proses panjang, sejak penetapan Panitia [Pengarah/Organizing Committee dan Pelaksana teknis/Organizing Committe] telah melakukan rapat-rapat secara intensif sehingga hari ini dapat terlaksana dengan baik, sambungnya.

“Kemudian kita membentuk kepanitiaan, dan melakukan persiapan-persiapan baik secara teknis di tempat acara maupun persiapan dan perlengkapan lainya,” sebutnya.

Peserta Mubes sebanyak 50 KK yang diwakili dari 4 keturunan Raja Panjaitan [Martibi Raja, Raja Dogor, Raja Siponot dan Raja Sijanggut], dan Pengurus PRPB Kota Pekanbaru 2020-2024.

Dalam sambutan yang mewakili Penasehat, W. Panjaitan/Br. Hutagaol [Oppu Odette] mengatakan terimakasih telah mempersiapkan pelaksanaan Mubes dengan baik. 

Selanjutnya disampaikan salut dan terima kasih kepada pengurus PRPB Kota Pekanbaru periode 2020-2024 dibawah kepemimpinan Drs Friando Hamonangan Panjaitan MSi/Br. Sitorus yang telah bekerja dengan baik, dan banyak melakukan perubahan-perubahan yang baik dalam menjalankan PRPB Kota Pekanbaru.

PRPB Kota Pekanbaru ada sejak tahun 1963 baru kali ini dilaksakan Mubes yang boleh dikatakan bertaraf organisasi secara nasional, yang dilaksanakan sesuai dengan mekanisme organisasi pada umumnya.

Diakhir sambutannya W. Panjaitan mengajak semua peserta agar benar-benar serius mengikuti Mubes dengan baik untuk membahas dan menetapkan keputusan-keputusan yang terbaik untuk kemajuan PRPB Kota Pekanbaru kedepan.

Ir Mangasa Panjaitan MSi/Br. Hasibuan [Op.nisi Zevanya], salah seorang Pimpinan Sidang yang juga anggota Steering Committee mengatakan, rancangan materi Mubes juga telah dipersiapkan oleh steering committee dengan baik melalui beberapa kali rapat yang merupakan materi pembahasan untuk ditetapkan dalam Mubes.

Mubes telah menetapkan 12 ketetapan yang menjadi pedoman bagi pengurus terpilih periode 2024-2028.

Selanjutnya Mangasa Panjaitan mengatakan, dari 12 ketetapan tersebut 4 diantaranya yaitu Ketetapan tentang Struktur Kepengurusan PRPB Kota Pekanbaru yang lebih ramping dari sebelumnya yang dapat menjadi motor penggerak organisasi dalam pelayanan anggota; Ketetapan tentang Garis Besar Program Kerja yang akan dilaksanakan Pengurus Baru. 

Dalam pelayanannya kepada anggota seperti bidang organisasi dan keanggotaan dalam rangka pendataan keanggotaan yang valid di PRPB Pekanbaru, Bidang hukum dalam rangka pelaksanaan penyuluhan hukum dan siap melayani persoalan hukum anggota, bidang sosial dalam rangka melayani anggota baik dalam Suka [pernikahan] dan Duka [kematian] serta persoalan sosial lainnya, Bidang Kepemudaan dalam rangka membentuk wadah pembinaan generasi muda Panjaitan, Boru, Bere, Ibeber ke arah yang positif, terutama cinta budaya batak, bangga jadi Panjaitan, dll.

Demikian juga bidang peningkatan SDM berupaya melakukan pelatihan-pelatihan bagi generasi muda untuk menghadapi lapangan kerja, hal penting lain sebagai perkumpulan marga adalah Bidang Seni dan Adat agar membuat pedoman/panduan pelaksanaan adat baik suka maupun duka agar setiap acara dapat berjalan lancar dan baik, juga agar dilaksanakan pelatihan Parsidabung, dan kegiatan seni budaya dalam melestarikan budaya terutama bagi generasi muda.

Selain itu, ketetapan tentang Tim Formatur yang diisi dari unsur di 4 keturunan Panjaitan sebagai anggota dalam melengkapi personalia kepengurusan PRPB Kota Pekanbaru 2024-2028;

Keputusan amandemen Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga juga dilakukan dalam beberapa perbaikan, karena AD/ART adalah roh perjalanan organisasi dalam melaksanakan aktifitasnya; yang tidak kalah pentingnya adalah ketetapan tentang Ketua Umum PRPB Kota Pekanbaru periode 2024 – 2028, secara umum hasil rapat keturunan Panjaitan yang tiga [Martibi Raja, Raja Dogor, Raja Sijanggut] meminta kesediaan Ketua Umum periode 2020-2024 [dari Raja Siponot] untuk meneruskan kepemimpinannya.

Namun demikian Drs Friando Hamonangan Panjaitan, MSi/Br. Sitorus dengan rendah hati menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin kembali, namun karena kondisi fisik yang tidak mendukung, dengan rasa homat meminta untuk diterima tidak dapat menerima permintaan tersebut.

Akhirnya sidang Mubes mengembalikan kepada forum Mubes, yang pada saat Mubes adalah giliran Martibi Raja namun tidak memiliki calon, maka peserta Martibi Raja, Raja Dogor, Raja Sijanggut dalam rapatnya sepakat mengajukan calon terpilih kepada forum Mubes yang akhirnya mendapat kesepakatan bersama Ketua Umum terpilih 2024-2028 adalah A. Panjaitan/Br. Ritonga [Op. Gwen].

Diakhir persidangan Mubes, ketua pimpinan sidang Friando Panjaitan dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa secara resmi menutup persidangan Mubes PRPB Kota Pekanbaru tepat pada pukul 22.00 WIB. (rilis)

Tags : punguan raja panjaitan dohot boru, prpb, pekanbaru, prpb gelar musyawarah besar, tiga tahun prpb di pekanbaru, organisasi masyarakat batak, organisasi paguyuban, seni budaya,