Headline Riau   2020/12/04 13:36 WIB

Ratusan Santri Istighosah, 'Doakan Gubri Sembuh'

Ratusan Santri Istighosah, 'Doakan Gubri Sembuh'

Ratusan santri Pondok Pesantren melakukan istighosah kebangsaan untuk mendoakan kesembuhan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar setelah diumumkan terkonfirmasi Positif Covid 19.

PEKANBARU - Ratusan santri dari Pondok Pesantren Modern Fataha Kabupaten Siak melakukan istighosah kebangsaan untuk mendoakan kesembuhan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar setelah diumumkan terkonfirmasi Positif Covid 19.

"Pelaksanaan istighosah diinformasikan dari pihak pondok pesantren, acaranya digelar usai shalat Magrib berjamaah," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya, Kamis (3/12).

Sekdaprov Riau menjelaskan, pelaksanaan istighosah tersebut dilakukan di Masjid Fataha yang berada di areal komplek pesantren di Desa Maredan Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Ia menuturkan, berdasarkan pernyataan dari pihak Pengasuh Pesantren Fataha, KH. Khairul Akhyar, pelaksanaan istighosah bersama para santri dengan menggelar doa kepada Allah untuk kesembuhan Gubri beserta keluarga dan seluruh pihak yang terkonfirmasi Positif Covid19 dan berjuang untuk sembuh.

"Pernyataan dari Kyai Haji Khairul Akhyar, ketika para santri asuhannya dikabari bahwa bapak Gubernur Riau positif Covid 19, mereka sangat kaget. Karena bapak Gubernur juga selama ini begitu perhatian terhadap para santri yang ada di Riau ini," jelasnya.

Yan Prana Jaya mengungkap melalui istighosah kebangsaan ini, KH Khairul Akhyar juga meminta dan mengajak para santrinya untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. "Imbauan harus terus disampaikan oleh pimpinan pondok pesantren kepada para santri terkait disiplin protokol kesehatan dan tetap menjaga jarak serta menggunakan masker selama berkegiatan terutama di kompleks pondok pesantren," sebutnya. 

Sementara Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Karo Kesra) Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur mengatakan, doa masyarakat Riau juga dilakukan untuk kesembuhan Gubri terus mengalir dari berbagai kelompok serta kalangan yang ada, bahkan dari pondok pesantren yang ada di Riau.

"Kita ketahui bersama pak Gubernur Riau terkonfirmasi Positif Covid19, banyak pihak yang turut mendoakan kesembuhan beliau," katanya.

Pondok pesantren di Riau yang turut mendoakan kesembuhan Gubri yaitu Pesantren Syafa'aturrasul Kabupaten Taluk Kuantan. Pesantren Syafa'aturrasul tersebut menggelar pengajian untuk membaca Al-Quran (Yasin), zikir serta doa bersama untuk mendoakan kesembuhan Gubri dan istri serta pasien lainnya yang berjuang melawan Covid19, yang dimulai pada Kamis malam (3/12/2020).

Pimpinan pondok pesantren Syafa'aturrasul Taluk Kuantan, Hamdani, mengatakan bahwa pihaknya juga mengimbau kepada pimpinan Pondok Pesantren se Provinsi Riau untuk melakukan kegiatan doa bersama tersebut serentak di tempat masing - masing. "Pelaksanaan pengajian, pembacaan Yasin, zikir serta doa bersama ini dilakukan pada Kamis malam pada jam 20.00 di pondok pesantren masing-masing yang ada di provinsi Riau," kata Zulkifli Syukur.

Tidak hanya kepada Gubri, doa bersama yang dilakukan pihak pesantren ini juga untuk mendoakan kesembuhan istri Gubri serta pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang juga terkonfirmasi Positif Covid 19, kesembuhan untuk Kakanwil Kemenag Riau serta istri dan kesehatan keselamatan keluarga besar pesantren se Provinsi Riau juga masyarakat Riau khususnya. "Semoga Allah angkat segala penyakit dari Bapak Gubernur dan keluarga dan selalu dalam lindunganNya, dan wabah ini segera berakhir," sebutnya. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya, Santri Istighosah, Santri Doakan Gubri Sembuh,