Headline Artikel   2023/07/31 12:41 WIB

Riau Menunggu Pemimpin Visioner Seperti Sekaliber Rusli Zainal, LMR: 'yang Memiliki Track Record-Reputasi Baik Serta Kemampuannya Memang Spektakuler'

Riau Menunggu Pemimpin Visioner Seperti Sekaliber Rusli Zainal, LMR: 'yang Memiliki Track Record-Reputasi Baik Serta Kemampuannya Memang Spektakuler'
Ternyata masyarakat Riau rindukan pemimpin Sekaliber Rusli Zainal.

KREDIBILITAS seorang pemimpin sesungguhnya bukan hanya ditentukan oleh kemampuan mereka untuk mengembangkan gagasan inovatif dan merumuskan langkah-langkah pengembangan organisasi yang taktis dan strategis, tetapi justru yang terpenting adalah kemampuan pemimpin menghadapi situasi krisis, tekanan berat yang tengah dialami, dan sejauhmana pemimpin terbukti berhasil membawa keluar organisasi yang dipimpin dari berbagai persoalan yang tengah membelit.

Setidaknya hal itu ada pada diri HM Rusli Zainal SE MP, saat memimpin Provinsi Riau, seorang creator yang mampu melihat kesempatan yang tidak dilihat orang lain dan kemudian memanfaatkannya, kata H. Darmawi Wardhana Zalik Aris, SE Hk, Ketua Umum [Ketum] Lembaga Melayu Riau [LMR} Pusat Jakarta dalam mengamati pemimpin Riau masa sekarang yang dinilainya masih dibutuhkan pemimpin di era pasar bebas yang makin kompetitif.

"Kalau seperti sekarang ini tak pelak adalah dibutuhkan seorang pemimpin yang tetap tegar meski organisasi yang dipimpinnya pernah menghadapi masalah, dan sekaligus mampu menyiasati dan mengubah berbagai keterbatasan yang dihadapi menjadi peluang dan keunggulan utama organisasi atau pemerintahan," kata dia dalam bincang-bincangnya dikediaman. 

Menurutnya, ketika HM Rusli Zainal memimpin Riau terlihat menghadapi kesulitan, dirinya tetap tangguh niscaya akan melihatnya sebagai sesuatu yang sifatnya sementara, karena memang dirinya tidak pernah menyerah dan memiliki optimisme yang baik.

Memiliki visi misi ke depan, ambisius, bertangan dingin, dan kesediaan untuk belajar dari kelemahan dan kesalahan di masa lalu adalah karakteristik gabungan yang dimiliki HM Rusli Zainal baik dalam menyikapi krisis dan tantangan kemajuan.

Di samping itu, Darmawi Wardhana menilai, masa kepemipinan Rusli Zainal yang tak kalah penting adalah, yang memiliki visioner sebelumnya telah mempertimbangkan aspek kelangsungan tidak hanya ada pada kemajuan dan keberhasilan yang spektakuler semata, tetapi Ia [Rusli Zainal] dapat diwujudkan serta ditopang ambisi yang besar.

"Tetapi pemimpin sekarang yang sering terjadi hanya tak lebih terlihat gamang dan kurang berani melakukan perubahan besar, malah hanya berkutat pada perubahan yang kecil-kecilan, tiba-tiba disadarkan bahwa lingkungan di luar telah berubah drastis dan mereka pun terlambat menyikapinya."

Biografi singkat tentang H.M. Rusli Zainal, S.E., M.P. (lahir 3 Desember 1957) adalah seorang politikus Indonesia. Ia merupakan Gubernur Riau dua periode yakni 2003—2008 dan 2008—2013. Sebelumnya Rusli Zainal pernah menjabat sebagai Bupati Indragiri Hilir periode 1999—2003.

Rusli Zainal adalah gubernur Riau. Dia terpilih sebagai gubernur Riau selama dua periode, yakni pada 2003-2008 dan 2008-2013. Dia lahir pada 3 Desember 1957 di kecamatan Mandau, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Tokoh masyarakat Riau itu memulai karir bisnisnya sebagai Pimpinan Cabang PT Mohairson Pekanbaru pada 1982, ketika masih berstatus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Saat duduk di bangku kuliah, dia menyandang profesi sebagai guru mengaji di sejumlah masjid di Pekanbaru. Ia menekuni sebagai guru mengaji sampai meraih gelar sarjana ekonomi.

Sebelum menamatkan kuliahnya, Rusli telah menjabat sebagai Wakil Sekretaris KNPI Riau. Tujuh tahun setelah menamatkan kuliahnya, Rusli terpilih sebagai Ketua Umum Gapensi Riau. Selama menjabat sebagai bupati, pada 1999 hingga 2003 Rusli Zainal dikenal sebagai motor penggerak kawasan Riau Selatan.

Rusli termasuk orang yang gigih dan tak mudah menyerah pada keadaan.

Berkat kerja kerasnya itu, akhirnya pada tahun 1982 sampai tahun 1990, Rusli menjadi Pimpinan Cabang PT Mohairson Pekanbaru yang berkantor pusat di Jakarta. Di tahun 1990, ia kemudian menjadi Direktur Utama PT Kemuning Muda Pekanbaru.

"Pak Rusli memang termasuk orang ulet dan tekun bekerja. Sehingga, tak heran kalau kariernya melonjak," kata Larshen Yunus, Ketua DPD I KNPI Riau yang Ianya mengingat kembali sepak terjang pemimpin Visioner itu. 

"Karirnya di dunia politik beliau juga tak kalah cemerlang. Buktinya, di tahun 1997, Rusli pernah menjadi Anggota DPRD TK I Riau dari Partai Golkar," kata Larshen Yunus yang juga sebagai Wakil Sekretaris Jenderal [Wasekjen] KNPI Pusat Jakarta ini.

Menurut Larshen, di samping itu, Rusli pun disibukkan dengan aktivitasnya sebagai Ketua Umum DPD Gapensi Riau.

Tetapi memang kepiawaiannya berpolitik makin terbukti ketika ia berhasil terpilih sebagai Bupati Indragiri Hilir di tahun 1999, sebut Larshen Yunus menilai.

"Karena ingin berkonsentrasi membangun Inhil yang sekaligus kampung halamannya, ia [Rusli Zainal] pun melepaskan jabatannya sebagai Ketua Umum DPD Gapensi Riau," jelasnya.

Seperti kembali disebutkan Darmawi Wardhana soal kepemimpinan yang visioner [Rusli Zainal] tersebut dinilainya bajwa Ia pemimpin yang baik dan memiliki visi ambisius, ditandai dengan keinginan besar untuk mencapai tujuan dan kapasitas perubahan yang berarti.

Menurutnya, seorang pemimpin harus memiliki visi dan mampu membuka jendela bagi masa depan. Pemimpin yang handal, tidak akan sekadar menuruti kemauan dan selera pribadinya atau mencoba menggerakkan energi SDM yang dimilikinya hanya dengan model instruksi atau iming-iming kenaikan gaji.

Tetapi Darmawi melihat seperti masa kepemimpinan Rusli Zainal, lebih dari sekedar kemauan untuk menawarkan insentif atau mengandalkan pada kekuasaan yang dimilikinya, seorang pemimpin yang memiliki kharisma leadership juga memiliki kemampuan untuk mensosialisasikan, meyakinkan dan membangun kepercayaan serta sense of belonging bawahan.

"Rusli Zainal mampu memimpin organisasi yang baik dan mampu menterjemahkan motivasi pribadinya dalam visi yang jelas dan dapat menimbulkan daya ungkit terhadap motivasi kerja bawahan," sebutnya.

Dengan kata lain, Ia [Rusli Zainal] sanggup memasarkan visi dan organisasi kepada karyawan, pelanggan, pemasok, mitra usaha dan investor. Dengan menjabarkan secara jelas apa yang ingin dicapai dan nilai yang mendasarinya, yang juga mampu memberi energi dan inspirasi yang mendorong orang lain untuk beraksi.

Jadi sebuah organisasi yang hebat yakni yang berkinerja lebih baik dari pesaingnya, mampu memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya secara optimal, mampu bertahan dan maju dalam menghadapi tantangan dan perubahan.

Pemimpin yang benar-benar handal: yang mampu menterjemahkan visi dan misi lembaganya ke dalam program-program visioning, sekaligus memilih strategi yang tepat untuk mewujudkan visi dan misi pemerintahan.

Menurutnya, pemimpin yang visioner [Rusli Zainal], memiliki visi yang benar-benar jelas dan terfokus. Baik soal pernyataan mengenai tujuan, berorientasi pada masa depan dan dapat direalisasikan –dalam arti bukan sesuatu yang diawang-awang dan hanya merupakan utopia belaka.

Tetapi Ia [Rusli Zainal] memang seorang pemimpin yang visioner, yang cara berpikirnya berbeda, keyakinan, kompetensi dan juga kemampuan memformulasi pikirannya dalam tujuan yang jelas dan terarah.

Pemimpin yang visioner dihargai bukan karena kekuasaan dan kewenangan yang dimilikinya. Rusli Zainal akhirnya dihargai dan selalu tetap diingat, menjadi panutan, bahkan idola yang memiliki kharisma personal yang kuat karena kemampuan, kompetensi, dan ide-ide inovatif yang dikembangkannya.

"Ia tidak mudah larut dalam arus yang tengah berkembang. Ia justru sering melawan arus, tidak terseret mainstream yang tengah berlaku dan dipercaya masyarakat. Tetapi pemimpin yang visioner [seperti Rusli Zainal] tak pelak memiliki dan senantiasa mengembangkan pikiran-pikiran yang melawan arus."

Tokoh yang satu ini [Rusli Zainal] dihargai dedikasinya, pemikirannya dinilai mencerahkan, memiliki visi jauh ke depan, dan karena itu menjadi panutan. Apa yang dilakukan dan gagasan yang dikembangkan pemimpin yang visioner itu, biasanya akan menjadi ilham, bahkan pada batas-batas tertentu ’ideologi’ yang diperjuangkan oleh para pengikut atau penganutnya.

Di Riau memang diakui, salah satu tokoh yang layak disebut sebagai pemimpin yang visioner adalah Rusli Zainal yang sudah terbukti mampu membawa berbagai perubahan yang ada di bawah kendalinya bukan saja maju pesat, tetapi juga berkali-kali berhasil keluar dari situasi krisis yang menekan.

Ia bukan saja mempelopori gerakan penghematan di internal pemerintahan Riau, tetapi mampu mensejahterakan. Di dunia politik, Ia layak dikategorikan pemimpin yang visioner karena kemampuan dan integritasnya, serta (yang terpenting) karena pandangannya yang jauh ke depan, melewati batas waktu, dan dua-tiga langkah di depan rakyat yang dipimpinnya.

Di dunia akademik, Ia dipandang sosok memiliki ilmu paling masyur, yang memperlihatkan kecemerlangannya memberikan ruang dan waktu dalam menyingkap rahasia terdalam jagat raya di Bumi Melayu Riau, yang benar-benar merubah pandangan orang tentang alam semesta ini. Dikenal bukan saja karena pikiran-pikirannya yang menyejukkan, tetapi juga acapkali disebut karena memiliki reputasi yang bersih secara moral, integritas yang kuat dan kapasitas intelektual yang mumpuni.

Reputasi akademiknya yang kenyang dalam memimpin di pemerintahan dikenal memiliki komitmen sosialnya di bidang penanganan kemiskinan. Dikenal banyak menyalurkan berbagai bantuan modal usaha bagi penduduk miskin tanpa agunan dan syakwasangka. Di mata HM Rusli Zainal, penduduk miskin diperlakukan sebagai aset dan orang yang dapat dipercaya, karena hanya dengan cara itulah mereka akan dapat memberdayakan dirinya sendiri tanpa dibayang-bayangi dengan syakwasangka dan tindakan diskriminatif.

Atas keberhasilan usahanya membantu peningkatan kesejahteraan penduduk miskin inilah, dengan berkaca dan melihat pemimpin visioner [Rusli Zainal] selama memimpin Riau, jelaslah bahwa Ia sesungguhnya adalah sosok pribadi yang memiliki kompetensi yang mumpuni di bidangnya, cenderung berbeda atau bahkan melawan mainstream yang tengah berlaku, memiliki keterbukaan terhadap gagasan-gagasan alternatif, bersikap inovatif, dan memiliki kemampuan untuk mengantisipasi berbagai tantangan di masa depan tanpa harus terjerumus dalam sikap pongah yang kontra-produktif.

Tetapi Darmawi Wardhana menyimpulkan pemimpin visioner [HM Rusli Zainal], memperoleh kewenangan kepemimpinannya yang amanah, tetapi ia diposisikan sebagai pemimpin karena track record yang baik, reputasi, serta kemampuannya yang memang spektakuler. (*)

Tags : hm rusli zainal, mantan gubernur riau rusli zainal, riau menunggu pemimpin visioner, rusli zainal pemimpin visioner, riau keluar dari berbagai persoalan, riau keluar dari tekanan berat, mantan gubernur riau rusli zainal membawa perubahan,