Rokan Hilir   2023/11/19 19:7 WIB

Rohil Raih Prestasi Membanggakan Juara 3 MTQ XLI Riau

Rohil Raih Prestasi Membanggakan Juara 3 MTQ XLI Riau

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.COM - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), meraih prestasi membanggakan dengan meraih juara tiga pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XLI tingkat Provinsi Riau. Dalam pengumuman resmi, nilai 53 berhasil membawa Rohil berdiri di podium prestasi.

Dewan hakim memberikan pengumuman langsung pada acara penutupan MTQ XLI yang diselenggarakan di pinggiran Danau Raja, Rengat, Inhu pada Sabtu (18/11) malam.

Bengkalis berhasil memenangkan posisi pertama dengan nilai 82, sedangkan Pekanbaru menempati urutan kedua dengan nilai 64.

"Dengan demikian, yang menjadi juara umum tahun ini adalah bengkalis," ujar Mawardi M Saleh, anggota dewan hakim, saat membacakan keputusan di hadapan tamu undangan dan ribuan masyarakat yang memadati area sekitar danau.

Plt Gubernur Riau menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan MTQ yang dianggapnya sebagai sarana untuk memperbaiki akhlak generasi muda Qurani.

"Pelaksanaan MTQ di Inhu ini sudah seperti MTQ tingkat nasional, dan kita berharap Inhu akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional," kata Asisten I Pemprov.

Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani, mengungkapkan bahwa pemilihan lokasi MTQ di pinggiran Danau Raja memiliki nilai historis dan keunikan tersendiri.

Selama perhelatan, lokasi ini menjadi pusat kegiatan yang tak pernah sepi siang maupun malam. Rezita juga menyoroti dampak positif perhelatan MTQ terhadap ekonomi kota Rengat.

"Even MTQ ini telah membuat tingginya perputaran ekonomi di kota rengat," ujar Rezita, membanggakan kontribusi positif MTQ bagi masyarakat dan perekonomian setempat.

Dalam perhelatan MTQ selama 8 hari, melibatkan 762 peserta dari seluruh Provinsi Riau. Rokan Hilir sendiri menurunkan 65 peserta yang berkompetisi di berbagai cabang, mencapai final dan semi-final untuk beberapa kategori.

Keunikan tahun ini juga terlihat dari kehadiran peserta hafizah berusia 9 tahun yang menghafal 30 juz, menunjukkan keberagaman bakat dan potensi di panggung MTQ. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : MTQ XLI Riau, Rohil Raih Prestasi Membanggakan, Rohil Juara 3 MTQ XLI Riau,