Headline Pekanbaru   2022/06/04 11:18 WIB

Sambut HUT Pekanbaru Ke-238, 'Kebersihan Lingkungan di Kecamatan dan Kelurahan Diperlombakan'

Sambut HUT Pekanbaru Ke-238, 'Kebersihan Lingkungan di Kecamatan dan Kelurahan Diperlombakan'

PEKANBARU - Untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke-238 tepatnya pada 23 Juni 2022, kebersihan lingkungan diperlombakan antara Kecamatan dan Kelurahan. 

"Acara perlombaan HUT Kota Pekanbaru yang betul-betul bermanfaat untuk masyarakat."

"Kebersihan lingkungan diperlombakan karena kita masih berkutat dengan persoalan sampah, saya menyarankan agar sempena Hut ke-238 Pekanbaru dibuat perlobaan kebersihan," kata anggota DPRD Kota Pekanbaru, Fathullah, Jumat (3/5).

Pemko Pekanbaru diminta mengadakan perlombaan kebersihan lingkungan untuk menyambut HUT ke-238 Kota Pekanbaru ini, "Jadi Pemko Pekanbaru bisa membuat perlombaan kebersihan antar kecamatan atau antar kelurahan ini," kata Fathullah.

"Jika mau dirayakan disarankan agar acara-acara yang dibuat untuk memeriahkannya harus merakyat dan jangan hanya seremonial belaka."

"Tentu berdasarkan penilaian juri dan disediakan hadiah untuk para pemenang. Dan juga dapat melihat seperti apa hubungan perangkat pemerintahan dengan masyarakat tersebut. Tujuan jelas koordinasi untuk lingkungan bersih," ungkapnya.

Untuk kebersihan itu sendiri, meliputi kebersihan lingkungan rumah tinggal dan lingkungan masyarakat. Bisa juga ditambahkan kebersihan drainase di lingkungan tersebut.

"Ini kami melihatnya untuk menumbuhkan kesadaran bersama. Saat ini kesadaran itu yang kurang dari masyarakat kota. Dari lomba ini semoga Pekanbaru bisa menjadi kota bersih dan kepada kecamatan/kelurahan diberi tanggungjawab untuk mengkoordinasikan agar wilayahnya tetap bersih," kata dia.

Selain memberikan hadiah bagi pemenang sebagai daerah yang bersih, bagi daerah yang kotor pun harus ada sanksi kepada daerah yang kotor.

"Mungkin bisa teguran kepada perangkat camat dan lurahnya. Ini jelas antara camat, lurah dan masyarakat tidak bersinergi. Ini jadi catatan kita," pungkasnya.

Liputan: Jonnuar
Editor: Syamsul Bachri

Tags : HUT Pekanbaru Ke-238, Lomba Kebersihan Lingkungan, Lomba Kebersihan Lingkungan Antar Kecamatan dan Kelurahan,