Bisnis   2024/03/06 19:20 WIB

Sepekan Jelang Bulan Suci Ramadan Harga Sejumlah Kebutuhan Dapur Mulai Alami Kenaikan

Sepekan Jelang Bulan Suci Ramadan Harga Sejumlah Kebutuhan Dapur Mulai Alami Kenaikan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sepekan menjelang bulan suci Ramadan harga sejumlah kebutuhan dapur di Pekanbaru alami kenaikan. Paling disoroti seperti daging sapi dan telur yang harganya naik dari hari biasa.

"Sepekan menjelang Ramadan harga daging dan telur mulai naik."

“Biasanya kan tradisi masyarakat kita menjelang ramadhan ini banyak yang buat rendang untuk hari pertama puasa, jadi permintaan daging itu lumayan tinggi. Ditambah seminggu lagi kita memasuki bulan puasa,” kata DR (HC) H. Mansur, salah seorang warga  Jalan Adi Sucipto, Pekanbaru, Rabu (6/3).

Untuk harga daging sapi sendiri saat ini berada diangka Rp 150.000 per kilonya dari harga sebelumnya Rp 130.000 per kilo sementara untuk harga telur mencapai Rp 55.000 per papan.

Selain itu harga ayam potong juga kembali mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp 33.000 per kilo kini menjadi Rp 35.000 per kilonya. Naiknya harga ayam, daging dan telur menurut para pedagang disebabkan karena tingginya permintaan pembeli menjelang ramadhan.

Menurutnya, berbagai kebutuhan pokok kelihatan sudah menunjukkan kenaikan. Seperti harga telur ayam naik dikarenakan tingginya permintaan konsumen sebab telur merupakan bahan utama pembuatan kue.

"Menjelang Ramadan ini biasanya pedagang kue lebaran itu udah mulai produksi kue untuk lebaran, belum lagi yang jualan takjil selama Ramadan. Mungkin itu salah satu penyebab harga telur naik," jelas Panglima Laskar Melayu Bersatu itu.

Sementara untuk harga kebutuhan dapur lainnya seperti cabai merah saat ini berada diangka Rp 70.000 perkilo, cabai rawit Rp 56.000 perkilo, cabai hijau Rp 44.000 perkilo, tomat Rp 20.000 perkilo, bawang merah Peking Rp 28.000 perkilo, dan bawang putih Rp 40.000 perkilo. (rp.jon/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : ramadhan, bulan suci ramadan, harga kebutuhan poko mulai alami kenaikan, pekanbaru,