Pekanbaru   2024/03/06 19:32 WIB

Jelang Ramadan, Sejumlah Pemakaman Mulai Dipadati Masyarakat untuk Ziarah Kubur

Jelang Ramadan, Sejumlah Pemakaman Mulai Dipadati Masyarakat untuk Ziarah Kubur

PEKANBARU,RIAUPAGI.COM - Ziarah kubur jelang Ramadan membuat sejumlah pemakaman di Kota Pekanbaru ramai didatangi masyarakat.

"Sejumlah pemakaman mulai dipadati masyarakat."

"Ini menjadi semacam tradisi bagi masyarakat untuk membersihkan kuburan dan mendoakan keluarga yang meninggal," kata DR (HC) H. Mansur, Panglima Laskar Melayu Bersatu menanggapi.

Taman Pemakaman Umum (TPU) disekitar Jalan Rambutan, Pekanbaru sudah terlihat mulai ramai penziarah.

Selain itu juga tampak anak-anak ada yang menenteng kantong air yang berisi bunga dan daun pandan. Bungkusan itu nantinya dijual ke para peziarah yang baru datang.

"Peziarah ke makam untuk berziarah, setidaknya untuk berdoa pada arwah untuk diampunkan dosa dan lancar dalam melaksanakan ibadah puasa," jelas Mansur.

Seorang peziarah, Yasid mengatakan datang ke makam bersama keluarga besar. Jadi memang sudah kebiasaan tiap seminggu mau masuk Ramadan akan ziarah ke makam keluarga yang talah tiada.

"Sambil dibersihkan juga kaki doa bersama untuk keluarga yang sudah mendahului kita," katanya.

Begitupun hal sama dengan Yudi, warga Jalan AdiSucipto juga mengadakan ziarah kubur bersama keluarga menjelang Ramadan.

"Ini sudah menjadi tradisi setiap masuk bulan suci Ramadan."

"Selain membersihkan makam, kalau jumpa saudara yang lain sekalian bermaaf-maafan menjelang masuk bulan Ramadan," kata dia. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : ziarah kubur, ziarah kepemakaman, jelang ramadan banyak ziarahkubur, pekanbaru, pemakaman dipadati untuk aiarah kubur ,