Pendidikan   2023/07/07 21:15 WIB

Siswa Tak Mampu yang Mendaftar di Sekolah Swasta Dibiayai Pemerintah, kata Dr Kamsol

Siswa Tak Mampu yang Mendaftar di Sekolah Swasta Dibiayai Pemerintah, kata Dr Kamsol
Kadisdik Riau, Dr Kamsol

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Siswa tak mampu yang mendaftar di sekolah swasta tetap dibiayai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Siswa tidak mampu sudah bisa mendapatkan bantuan jika mendaftar sekolah swasta di Riau."

"Alhamdulillah untuk bantuan siswa kurang mampu sudah disetujui pak Gubernur, untuk anak miskin dan kurang mampu yang bersekolah di SMA/SMK swasta dibantu penuh bahkan jika kemampuan keuangan daerah cukup, juga akan dibantu hingga ke seragam," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau, Dr Kamsol pada media, Jumat (7/7).

Nantinya, kata Kamsol, biaya sekolah siswa ditanggung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Kebijakan itu diambil untuk menampung para calon siswa tidak mampu melalui jalur afirmasi pada penerimaan siswa SMA/SMK di Riau beberapa waktu lalu.

Ia menyebut, bantuan penuh kepada siswa miskin itu sudah disetujui Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. 

Dengan catatan bantuan itu diberikan berdasarkan persyaratan tertentu. Misalnya keluarga siswa penerima Program Keluarga Harapan (PKH), memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), punya Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sebelumnya sudah mendaftar sekolah negeri melalui jalur afirmasi namun tidak diterima.

"Silahkan daftar ke sekolah swasta yang dekat dari rumah, sudah mulai bisa daftar sekarang. Nanti kami akan cek dokumen dan verifikasi langsung, jika memang tidak mampu semua biaya sekolahnya akan dibiayai pemerintah provinsi Riau melalui dana bantuan operasional sekolah daerah," sebutnya.

Dijelaskan Kamsol, selama ini pemerintah provinsi Riau juga sudah memberikan bantuan bagi siswa di sekolah swasta sebesar Rp400 ribu per anak. Namun mulai tahun ini, bagi anak yang terbukti tidak mampu akan dibiayai seluruhnya.

"Kami bekerja sama dengan sekolah swasta, karena bagi sekolah swasta yang tidak bisa memberikan kuota bagi siswa tidak mampu maka bantuan Rp400 per anak akan dihentikan. Tapi kalau mampu, maka bantuan tetap dan anak tidak mampu dibantu penuh," tutupnya. (*)

Tags : siswa tak mampu, pemprov riau bantu siswa tak mampu, siswa tak mampu sekolah di swasta, siswa sekolah swasta dibiayai pemerintah,