Seni Budaya   2023/04/19 13:29 WIB

'Salam Tempel' Jadi Budaya yang Dinanti Anak-anak Saat Lebaran, 'Mereka Bertandang ke Rumah-rumah dengan Harapan ada Imbalan'

'Salam Tempel' Jadi Budaya yang Dinanti Anak-anak Saat Lebaran, 'Mereka Bertandang ke Rumah-rumah dengan Harapan ada Imbalan'
Menurut sejumlah warga, uang elektronik dan fasilitas perbankan elektronik tidak bisa menggantikan tatap muka saat 'salam tempel' di lebaran.

TRADISI 'salam tempel' saat Lebaran menjadi salah satu hal yang dinanti terutama bagi anak-anak di berbagai wilayah Indonesia. Mereka bertandang ke rumah-rumah warga dengan harapan mendapatkan uang.

Pada dua tahun terakhir (2021-2022), pandemi telah mengubah tradisi ini ketika pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan untuk menekan kasus Covid-19. Sejumlah orang berupaya menyiasatinya dengan berbagi uang secara digital.

Tapi apakah cara ini benar-benar berhasil mengubah tradisi? 

Sutari sedang menghitung jumlah keponakan dan orang-orang terdekat untuk pembagian uang saat Lebaran. Kebiasaan ini dilakukan bersama keluarganya dari tahun ke tahun. Ada kegembiraan tersendiri saat membagikan uang untuk keponakan dan anak-anak tetangga yang datang bersilaturahmi.

"Kebiasaan kalau Lebaran tradisinya ngasih angpao Lebaran. Biasanya ada anak-anak kecil pada datang. Kalau anak-anak kan senang dapat duit. Setahun sekali, momen Lebaran, identik sama angpao," kata Sutari, salah satu ibu rumah tangga.

Uang elektronik jadi pilihan

Namun tidak semua orang membagi-bagi uang secara langsung saat Idul Fitri seperti yang dilakukan sebelum pandemi.

Nurul, misalnya. Dalam dua tahun terakhir kebiasaan warga Kota Pekanbaru, itu berubah. Ibu dua anak tersebut memilih membagi uang kepada sanak saudara melalui rekening bank dan uang elektronik. Pilihan itu dianggap lebih praktis.

"Saya transfer ke keponakan-keponakan lewat ibunya. Tanggapan mereka kemudian disampaikan melalui orang tuanya. Kadang anak juga kirim pesan melalui WA: 'Terima kasih tante, saya dikasih uang'," papar Nurul.

"Beberapa keponakan sudah besar dan punya uang elektronik, saya kirim uang ke aplikasi. Mereka memanfaatkan itu untuk belanja sendiri," tambahnya.

Tatap muka tak tergantikan

Bagaimanapun, menurut sejumlah warga, uang elektronik dan fasilitas perbankan elektronik tidak bisa menggantikan tatap muka.

Karni memilih membagi-bagi uang kepada anak-anak di sekitar rumah saat Idul Fitri, setelah tahun lalu dia menutup pintu karena pandemi. Pembagian uang tersebut dilakukannya dengan menerapkan jaga jarak dan memakai masker.

"Tahun lalu ke rumah ibu pakai masker dan tidak salaman sama ibu. Cukup terima uangnya saja, yang penting dapat angpau. Kalau anak SD kelas 6 itu Rp20.000, kelas 4 Rp10.000, anak kecil-kecil Rp5.000," jelasnya. 

Pengaruh budaya Arab dan Tionghoa?

Pemberian uang kepada anak-anak dan kerabat pada hari-hari besar seperti Idul Fitri tidak lepas dari pengaruh budaya Arab dan Tionghoa.

Tetapi seperti disebutkan Lelo Ali Ritonga, Pemerhati Sosial, budaya ini menghasilkan akulturasi di berbagai wilayah Indonesia.

"Makanya di Kota Pekanbaru sendiri mengenal istilah 'menambang'," ujar Lelo.

Lelo memahami bahwa 'salam tempel' saat Idul Fitri memang bisa dilakukan secara digital di tengah pandemi. Namun, Lelo menilai transformasi digital itu dapat mengikis ikatan emosional.

"Dalam satu pola baru, tentu ada hal yang dikorbankan. Memang dari sisi modernitas ada yang baru, digital dan sebagainya. Tapi di sisi sosial akan berbeda. Tidak bisa bertemu secara langsung, tidak bisa berjabat tangan secara langsung, itu rasanya di hati agak berbeda. Nah itu yang saya pikir akan terkikis," paparnya. (*)

Tags : tradisi, salam tempel, anak-anak bertandang ke rumah-rumah di idul fitri, salam tempel di idul fitri, salam tempel dinanti anak-anak saat Lebaran,