Artikel   2023/12/16 14:48 WIB

UAS Nyatakan Sikap Dukung Amin di Pilpres 2024, 'Tetapi Bukan Jurkam Melainkan Tetap Ulama'

UAS Nyatakan Sikap Dukung Amin di Pilpres 2024, 'Tetapi Bukan Jurkam Melainkan Tetap Ulama'

USTAD ABDUL SOMAD (UAS) menyatakan sikap bahwa dirinya akan mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin).

"Dia menyatakan sikapnya karena telah sepakat bertukar cindramata berupa jaket bertuliskan Amin.

"Kan capek saya jawab. Nah ini (bertemu Anies). Ini sekali dayung 2 3 pulau terlampau, kita [UAS] juga berkontribusi dalam pesta demokrasi republik indonesia 14 Februari 2024 gunakan hak pilih 5 menit di TPS menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan," kata Abdul Somad didepan wartawan, Kamis (14/12).

Pernyataan sikap Abdul Somad itu karena beberapa kali dirinya mendapat pertanyaan di sosial medianya. Maka itu, ketika melakukan pertemuan dengan Anies di Riau pada Rabu 13 Desember 2023 menjadi jawaban kemana arah politik Abdul Somad.

Abdul Somad mengatakan bahwa memang dirinya kerap bertemu dengan Anies di setiap acara pengajian.

Dia pun pernah duduk bersama dengan Anies di salah satu acara.

Kemudian, pernyataan sikap Abdul Somad itu juga didasari dengan bertemu sang ibu Anies Baswedan yakni Aliyah Rasyid.

"Saya datang ke rumah beliau saya datang saya makan saya ketemu saya melepas kangen, beliau baru datang sekali ini. Jadi artinya mestinya berkali-kali datangnya jadi persahabatan ini memang sudah lama," kata UAS.

"Maka kalau dia tak sesuai dia akan menjauh, begitulah perasaan, perasaan saya mendoakan beliau supaya sehat. Karena energi keliling indonesia ini saya merasakan sendiri, tentu beban beliau lebih berat daripada saya yang datang tausiah selesai, tapi beliau segala macam, kita doakan beliau sehat wal alfiat, bisa memimpin indonesia kedepan," imbuhnya.

Sementara itu, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya bersyukur mendapatkan dukungan dari UAS. Dukungan tersebut didapat usai sang ibu mengajak bertemu dengan UAS.

"Jadi beliau sudah lama meniatkan untuk bisa berkunjung bersilaturahmi ke tempat UAS waktunya sudah agak panjang dan kemudian hamdalah hari ini tanggal 13 Desember niat itu tertunaikan," kata Anies

"Jadi ini adalah pertemuan antara ibu dan UAS yang kemudian antar kita memang sudah terbangun silaturahmi persaudaraan yang sudah panjang hanya selama ini kami belum berkesempatan untuk membalas kunjungan UAS dan malam hari ini hamdalah niat itu tertunaikan," lanjutnya.

Anies juga menjelaskan bahwa pertemuan dengan UAS berlangsung sangat panjang. Obrolan tersebut juga sedikit menyinggung masa depan.

"Obrolannya panjang yang diniatkan sebentar jadi panjang. Tapi semuanya menyangkut tentang ya pengalaman perjalanan hidup sekaligus juga refleksi untuk kita kedepan," tukasnya.

Sementara Asisten Pelatih Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin), Jazilul Fawaid, memastikan Ustaz Abdul Somad (UAS), yang telah menyampaikan dukungannya kepada pasangan calon nomor urut 1 itu, bukan merupakan juru kampanye (jurkam) Amin.

"Beliau bukan jurkam, beliau bukan juga (anggota) timnas. Beliau ulama, tetap ulama," kata Jazilul ditemui di Sekretariat Bersama Koalisi Perubahan, Jakarta, Jumat, 15 Desember 2023.

Meski demikian, menurut Jazilul, UAS memiliki kesadaran terhadap pentingnya perubahan. Dia pun berharap para ulama-ulama yang lain juga memiliki pandangan yang sama terhadap Indonesia.

Nantinya, kata Jazilul, UAS akan memberikan dukungan, inspirasi, bahkan peringatan kepada pasangan Anies-Muhaimin demi demokrasi yang lebih baik.

Jazilul menilai UAS merupakan ulama yang memiliki pengaruh di Tanah Melayu dan secara nasional di Indonesia karena sosok UAS memiliki ketegasan hingga tulus dalam melakukan perjuangan.

"Saya pikir itu clear. Jadi, kami Timnas (Amin) sangat berterima kasih. Kami memiliki support, inspirasi, nasihat," ujar Jazilul.

Pada Rabu, Abdul Somad menyatakan dukungannya kepada pasangan calon Amin. Dukungan itu datang usai penandatanganan Pakta Integritas Ijtima Ulama.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (*)

Tags : ustad abdul somad, uas, anies, pilpres 2024, uas nyatakan sikap dukung amin, artikel,