Headline Riau   2024/03/13 22:36 WIB

Untuk Pastikan Makanan yang Beredar Tidak Expired, BPOM Cek Gudang Distributor 

Untuk Pastikan Makanan yang Beredar Tidak Expired, BPOM Cek Gudang Distributor 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru bersama dinas terkait lakukan pengecekan di Gudang Sarana Distributor Jalan Tanjung Datuk, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru.

"BPOM pastikan makanan yang beredar tidak expired." 

"Ya, hari ini kita melakukan kegiatan pengawasan pangan terhadap sarana distributor, importir, dan Hypermarket, dengan tujuan untuk memastikan produk yang diedarkan ini tidak kadaluwarsa atau rusak. Dan yang terpenting juga memiliki izin," ungkap Kepala BPOM Pekanbaru, Alex Sander, Rabu (13/3) siang.

Ini penting untuk memastikan makanan atau pangan yang diedarkan kepada masyarakat tidak expired (kedaluwarsa) dan juga memiliki izin edar.

Alex juga menyampaikan, selain melaksanakan pengawasan pangan, BPOM Pekanbaru juga melakukan pengawasan terhadap sarana pangan berupa takjil selama Ramadan 1445 H.

"Jadi kita (BPOM Pekanbaru) juga melakukan pengawasan terhadap pedagang yang menjual takjil di bulan Ramadan ini. Apakah ada yang mengandung bahan berbahaya seperti borak ataupun pengawet lainnya," jelas Alex.

Lebih lanjut dijelaskan Alex, pengawasan ini akan dilakukan selama bulan suci Ramadan sampai sebelum hari raya Idulfitri 1445 H. Bertujuan mencegah adanya pendistribusian pangan yang berbahaya tanpa izin edar, supaya juga tidak berdampak kepada kesehatan masyarakat.

"Alhamdulillah untuk pengawasan dan pengecekan kali ini tidak ditemukan pangan tanpa izin edar maupun rusak. Walau begitu, kita tetapi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk cerdas menjadi konsumen," ujarnya.

"Yang jelas selalu cek kemasan sebelum berbelanja, kemudian pastikan produk yang dibeli memiliki izin, tidak kedaluwarsa dan tidak rusak," tuturnya. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Untuk Pastikan Makanan yang Beredar Tidak Expired, BPOM Cek Gudang Distributor ,