Headline Dumai   2021/10/31 16:26 WIB

Warga Terdampak Banjir di Dumai Mulai Mengungsi ke Tenda Pengungsian

Warga Terdampak Banjir di Dumai Mulai Mengungsi ke Tenda Pengungsian

DUMAI - Warga terdampak banjir di Dumai mulai mengungsi ke tenda pengungsian. Jumlah pengungsi terdata sebanyak 76 jiwa.

"Hingga Sabtu 30 Oktober 2021 jumlah warga terdampak banjir di Dumai sebanyak 4.384 jiwa terdiri dari warga di Kelurahan Bumi Ayu 2.332 jiwa, warga Kelurahan Bukit Datuk 884 jiwa, warga Kelurahan Bintan 718 jiwa, warga Kelurahan Sukajadi 450 jiwa. Total keseluruhan korban terimbas banjir di Dumai sebanyak 4.384 jiwa," kata Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai,Amrizal Anara dalam rilisnya, Minggu (31/10).

Daerah yang paling terdampak banjir akibat hujan adalah Jalan Bukit Datuk Lama Kelurahan Bukit Datuk dan Jalan Garuda Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan. Kelurahan Bintan dan kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota.

Untuk membantu warga terdampak banjir, Pemerintah Kota Dumai telah mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum.

"Penyebab banjir, akibat tingginya intensitas curah hujan di wilayah Kota Dumai. Total warga terdampak banjir yang mengungsi ke tenda pengungsian sebanyak 76 jiwa, dengan rincian orang dewasa 41 jiwa dan balita 35 jiwa," ungkapnya.

Posko pengungsian dan dapur umum induk ada di halaman kantor Camat Dumai Selatan Kota Dumai. Dapur Umum induk menyalurkan logistik makan siap saji bagi warga terdampak banjir sebanyak 1.700 bungkus per hari.

Sedangkan dapur umum mandiri ada di R T01 dan RT 04 Kelurahan Bumi Ayu masing-masing mendistribusikan nasi bungkus sebanyak 1.500 porsi dan 300 porsi untuk makan siang dan makan malam. Dapur umum mandiri Kelurahan Bukit Datuk ada di RT 003 mendistribusikan 500 porsi untuk siang dan malam.

Di Kecamatan Dumai Kota, Dapur umum didirikan di Kelurahan Bintan, setiap hari mendistribusikan 1.500 porsi makanan untuk siang dan malam. Terakhir dapur umum di Kelurahan Sukajadi menyiapkan 500 porsi makanan untuk makan siang dan makan malam.

Untuk memantau kesehatan warga terdampak banjir, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan Kota Dumai menaruh tim dokter dibantu perawat di posko Kecamatan Dumai Selatan.

"BPBD Dumai juga menyediakan Sarpras evakuasi berupa perahu fiber, perahu karet masing-masing milik BPBD, Polres Dumai, MHC dan perahu karet milik rumah penjelajah," katanya. (rp.ind/*)

Tags : Warga Terdampak Banjir, Dumai, Warga Mengungsi ke Tenda Pengungsian,