Headline News   2023/03/08 16:9 WIB

Bandara SSK II Pekanbaru Masih Layani Penerbangan Internasional, 'Walaupun Sudah ada Wacana Perubahan Status'

Bandara SSK II Pekanbaru Masih Layani Penerbangan Internasional, 'Walaupun Sudah ada Wacana Perubahan Status'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru masih terus melayani penerbangan internasional setiap harinya, walaupun sudah ada wacana pemangkasan.

"Bandara SSK II Pekanbaru Masih Layani Penerbangan Internasional."

"Yang jelas kita belum ada menerima surat apapun terkait dengan perubahan status Bandara SSK II Pekanbaru. Sampai saat ini kita masih melayani penerbangan Internasional," kata Eksekutif GM Bandara SSK II Pekanbaru, M Hendra Irawan menuturkan pada media, Kamis (23/2/2023).

Sebelumnya, Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan, akan memangkas jumlah bandara internasional menjadi 14 atau 15 saja dari total 32 bandara internasional di Indonesia. Tapi Bandara SSK II Pekanbaru, masih mengacu pada peraturan surat edaran Satgas dan Kemenhub, nomor 25 tahun 2022.

"Tidak ada perubahan penerbangan di Bandara SSK II, baik penerbangan dalam Negeri maupun luar Negeri," sebutnya.

Menurutnya, untuk perubahan status penerbangan merupakan kewenangan Pemerintah pusat. Pihaknya hanya menjalankan tugas melayani penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru.

Pasca pandemi, penerbangan terus berangsur normal bila dibandingkan saat pandemi dengan aturan-aturan yang berlaku. Namun, sejak tahun 2022-2023 peningkatan cukup tinggi.

"Dalam perubahan status Bandara itu kewenangan Kemenhub, kita mengoperasikannya. Bila kita bandingkan penerbangan saat ini dengan saat pandemi kondisinya masih jauh normal," jelasnya.

Sedangkan penerbangan Internasional sendiri, di Bandara SSK II Pekanbaru hampir setiap hari melayani maskapai yang terbang menuju negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

"Bahkan mulai tahun ini juga melayani penerbangan maskapai yang melayani jamaah umrah, menuju arab saudi," ucapnya.

Masih kata Hendra Irawan, untuk jadwal penerbangan internasional berbeda-beda, ada yang jadwal setiap hari ada yang seminggu tiga kali dan empat kali.

"Rata-rata sekitar 200 penumpang sampai 300 penumpang setiap hari dalam kondisi normal," tuturnya.

"Sekarang masih dalam kondisi normal, karena penerbangan masih terbatas maskapai yang melayani rute Internasional," pungkasnya. (*)

Tags : bandara sultan syarif kasim II, pekanbaru, bandara ssk II layani penerbangan internasional, wacana pemangkasan bandara internasional, news,