Headline Daik Lingga   2023/03/29 21:9 WIB

Bukit Tumang Bekas Aktivitas Penambangan Timah di Lingga, 'Sudah Dijadikan Pusat Ekowisata Ramah Lingkungan'

Bukit Tumang Bekas Aktivitas Penambangan Timah di Lingga, 'Sudah Dijadikan Pusat Ekowisata Ramah Lingkungan'

DAIK LINGGA, RIAUPAGI.COM - Bukit Tumang di Kelurahan Raya, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga salah satu lahan bekas tambang timah akan dijadikan pusat ekowisata.

"Lahan bukit tumang memiliki sejumlah kelebihan karena memiliki danau buatan atau kolong bekas aktivitas penambangan timah."

“Terakhir kali turun, tim membawa alat khusus untuk mengecek kedalaman tanah asli di lokasi itu. Jadi bukit tumang cocok dijadikan pusat ekowisata di Lingga," kata Munzilin pada media belum lama ini. 

Bukit Tumang dijadikan objek wisata baru.

Selain banyak tebing terdiri dari bebatuan besar, menambah keindahan daerah itu.

"Sudah tiga kali tim BWSS IV turun ke lokasi Bukit Tumang untuk melakukan penelitian dan pengecekan kondisi wilayah hingga memastikan lahan yang akan dibangun itu bebas dari sengketa atau kepemilikan warga," sebut Munzilin.

Tetapi dia memperkirakan pekerjaan pembangunan wilayah pasca tambang itu sudah dimulai pada tahun 2019. "Ini bukan sekadar pembangunan biasa, wilayah bukit tumang dibangun menjadi kawasan wisata yang baik dan bagus dan dirancangan anggaran yang ada," sebutnya.

Pantai Batu Berdaun yang sangat dimintai masyarakat.

Munzilin berharap pembangunan eko wisata di Bukit Tumang berjalan sesuai dengan rencana yang diperkirakan. Sehingga kawasan wisata Bukit Tumang akan menjadi ikon Kabupaten Lingga. “Pembangunannya yang lancar menjadikan Bukit Tumang ini menjadi andalan wisata di Pulau Singkep,” sebutnya. (*)

Tags : bukit tumang, bekas penambangan timah, bukit tumang dijadikan pusat ekowisata, bukit tumang di lingga, kepri,