Indragiri Hulu   2023/01/30 7:44 WIB

Infrastruktur Dua Jalur Jalan Penghubung Sungai Lala dan Air Molek Terus Ditingkatkan

Infrastruktur Dua Jalur Jalan Penghubung Sungai Lala dan Air Molek Terus Ditingkatkan

INDRAGIRI HULU, RIAUPAGI.COM - Infrastruktur dua jalur jalan penghubung Sungai Lala dan Air Molek di Indragiri Hulu (Inhu), Riau terus ditingkatkan.

"Dua jalur jalan penghubung Sungai Lala dan Air Molek pada jalan lintas di Inhu dianggap penting."

"Alhamdulilah jalan ini sudah siap, dan sekarang sudah diresmikan. Volume kendaraan melewati jalan ini cukup tinggi dari kendaraan semua golongan," kata Gubernur Riau, H Syamsuar yang menghadiri peresmian jalan dua jalur yang menghubungkan Sungai Lala dan Air Molek, di Kabupaten (Inhu), Minggu (29/1/2023).

Peresmian jalan lintas ini dianggap penting, karena tidak hanya sebagai akses utama, tapi juga sebagai penghubung antara Kabupaten Inhu dan Kuansing.

Pada ruas jalan ini sengaja dibuat lebar menjadi dua lajur untuk menghindari kecelakaan, dan juga untuk kelancaran arus lalu lintas, karena jumlah kendaraan yang melintas di jalan ini terbilang cukup tinggi.

Pemprov Riau terus berupaya meningkatkan kapasitas infrastruktur secara berjenjang. Keterbatasan anggaran membuat pemerintah harus cermat melihat kebutuhan yang menjadi prioritas.

"Namun prinsipnya, pemerataan infrastruktur secara merata di riau merupakan harapan bersama," kata Syamsuar lagi.

Sementara itu, Kadis PUPR-PKPP Riau, Arif Setyawan menyatakan, pelebaran dan perbaikan dua ruas jalan Cirenti-Air Molek dengan anggaran Rp7,6 miliar. Kemudian pelebaran dan penambahan jalur Air Molek-Simpang Japura sebesar Rp6,4 miliar.

"Pada 2023 ini, kerusakan jalan yang akan kita perbaiki cukup pajang, sekitar 3,5 kilometer, dengan perkiraan perbaikan menelan angaran Rp32 miliar dengan status rigid dan aspal," ujar Arif.

"Kemudian ruas jalan lainnya akan diperbaiki di ruas jalan Inhu-Kuansing di cirenti sepanjang 3 km. Batu gajah-sungai karas sepanjang 1 km hampir dengan anggaran Rp1 miliar," pungkasnya. (*)

Tags : Infrastruktur, Jalan Penghubung Sungai Lala dan Air Molek Ditingkatkan, Infrastruktur di Riau,