Pelalawan   2023/05/23 14:28 WIB

Musim Mas Raih Predikat Pertama Wajib Pajak, Manager Humas Malinton Purba: 'Seiring Hadapi Tantangan Membangun Industri Sawit Berkelanjutan di 2023'

Musim Mas Raih Predikat Pertama Wajib Pajak, Manager Humas Malinton Purba: 'Seiring Hadapi Tantangan Membangun Industri Sawit Berkelanjutan di 2023'
Malinton Purba SH, Manager Humas PT Musim Mas (PT MM)

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - PT Musim Mas (MM) meraih predikat pertama wajib pajak, seiring tantangan industri sawit dalam membangun budaya kelapa sawit yang berkelanjutan untuk 2023 ini.

"Musim Mas hadapi tantangan dalam membangun industri sawit berkelanjutan di 2023."

"Perusahaan senantiasa terus tingkatkan kontribusi dengan patuh membayar pajak sebagai kewajiban pada negara," kata Malinton Purba SH, Manager Humas PT Musim Mas (MM) dalam percakapannya tadi dikontak ponselnya, Selasa (23/5).

Belum lama ini Musim Mas meraih penghargaan sebagai predikat pertama perusahaan wajib pajak terpatuh  pada ajang Pelalawan Tax Award 2023.

Pemberian penghargaan yang ditaja oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pelalawan diterima langsung perusahaan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja PangkalanKerinci, Kabupaten Pelalawan, pada Senin 6 Mei 2023 kemarin. 

Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah memberikan penghargaan kepada perusahaan PT Musim Mas dengan penghargaan dalam Pelalawan Tax Award. 

PT Musim Mas dianugerahi penghargaan sebagai predikat pertama sebagai perusahaan terpatuh.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Pelalawan, H. Zukri didampingi oleh Wakil Bupati Pelalawan H Nasarudin, SH, MH beserta para kepala dinas dan juga Forkopimda Kabupaten Pelalawan dan diterima langsung General Manager PT Musim Mas Jerry Liu didampingi oleh Malinton Purba, SH selaku Manager Humas.

Bupati Pelalawan H Zukri dalam sambutannya mengatakan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh wajib pajak dan juga petugas pajak se Kabupaten Pelalawan. Karena berkat mereka pula, hasil dari pajak tersebut dapat digunakan untuk pembangunan Kabupaten Pelalawan.

Sebelumnya, pemberian penghargaan Taat Bayar Pajak juga diberikan langsung Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, saat bersempena dengan peresmian Samsat Drive Thru di Pangkalan Kerinci, ibukota Kabupaten Pelalawan, Senin 20 Februari 2023.

Ada 28 perusahaan kelapa sawit yang menerima penghargaan dari Gubri karena Taat Bayar Pajak.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 28 perusahaan wajib pajak air permukaan yang tertib membayar pajak sampai dengan akhir tahun 2022 di lingkungan Kabupaten Pelalawan Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Pengelolaan Pangkalan Kerinci Badan Pendapatan Provinsi Riau.

General Manager PT Musim Mas menyampaikan terima kasihnya kepada Pemprov Riau maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan atas penghargaan yang diberikan.

Tetapi Malinton Purba menambahkan, perusahaan yang terintegrasi dengan pengolahan kelapa sawit di Kabupaten Pelalawan ini terus senantiasa berupaya meningkatkan kontribusi kepada negara melalui pajak.

Dia menyinggung atas dukungan seluruh pihak yang memperhatikan kelanjutan aktivitas perusahaan di daerah, "kedepannya perusahaan tetap memberikan kontribusi melalui pajak kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan dan juga negara."

Malinton juga mengungkapkan tantangan yang dihadapi perusahaan kedepan [2023].

Salah satu tantangan itu dalam membangun budaya kelapa sawit yang berkelanjutan menjadi salah satu tantangan industri kelapa sawit.

"Perusahaan ini tengah berupaya mengatasi berbagai tantangan dengan membangun budaya kelapa sawit yang berkelanjutan. Salah satu cara yang dilakukan ialah melalui program pendampingan smallholder atau petani swadaya," kata Malinton menutup pembicaraannya.

Adapaun 28 daftar nama perusahaan yang menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau karena dinilai taat dan tertib membayar pajak diantaranya:

1. PT RAPP Kerinci
2. PT Sinar Siak dan Permai
3. PT Mitrasa Sari Prima
4. PT Musim Mas
5. PT Adei Plantations
6. PT Guna Setia Pratama
7. PT Jalur Pustaka Sakti Kumala
8. PT Permata Hijau Indonesia
9. PT Makmur Andalan Sawit
10. PT Multi Palma Sejahtera
11. PT Mitra Unggul Pusaka Penarikan
12. PT Mitra Unggul Pusaka Segati
13. PT Mekar Sari Alam Lestari
14. PT Peputra Supra Jaya
15. PT RAPP Sektor Meranti
16. PT RAPP Sektor Tasik Belat
17. PT RAPP Sektor Pelalawan
18. PT RAPP Pelalawan Cantral Nursery
19. PT Sari Lembah Subur I
20. PT Sari Lembah Subur II
21. PT Serikat Putra
22. PT Sinar Agro Raya
23. PT Surya Bratasena
24. PT Sumber Sawit Sejahtera
25. PT Inti Indo Sawit Subur
26. PT Cakra Alam Sejati 
27. PT Andaera Hendana
28. PT Guna Dodos

(*) 

Tags : pt musim mas, musim mas raih predikat tax Award 2023, musim mas taat wajib pajak, musim mas hadapi tantangan membangun industri sawit berkelanjutan, musim mas riau, pelalawan, bisnis ,