Politik   2023/09/17 15:20 WIB

Pimpinan Parpol Pendukung Prabowo lakukan Pertemuan yang Juga Dihadiri Demokrat

Pimpinan Parpol Pendukung Prabowo lakukan Pertemuan yang Juga Dihadiri Demokrat

JAWA BARAT - Seluruh pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) dikabarkan akan melakukan pertemuan sore ini di kediaman Prabowo Subianto, Hambalang, Jawa Barat.

Rencananya, pertemuan itu akan dihadiri oleh para ketua umum partai di KIM yakni PAN, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora.

"Berita yang saya peroleh begitu (ada pertemuan di Hambalang)," kata Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay saat dikonfirmasi awak media, Minggu (17/9/2023).

Pertemuan ini kabarnya dilangsungkan usai adanya kabar kalau Partai Demokrat akan bergabung dengan koalisi pendukung Prabowo Subianto sebagai capres itu.

"Iya mas. Insya Allah. Sepertinya, Partai Demokrat akan bergabung dengan KIM," kata Saleh.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Sekjen PAN Fikri Yasin juga seraya membenarkan adanya agenda pertemuan itu.

Kabar tersebut dibenarkan jika memang jadwalnya tidak berubah.

"Ya kalo tidak perubahan," ujar Fikri.

Meski begitu, saat ditanyakan soal apakah Partai Demokrat akan ikut hadir dalam agenda pertemuan itu, Fikri tidak bisa memastikan.

Dirinya belum mendapatkan informasi tersebut secara pasti.

"Kalau soal itu saya belum bisa bocorkan, nanti kalau udah pertemuan," tukas dia.

Sebelumnya, kabar bergabungnya Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi.

Viva menyatakan, Partai Demokrat terbuka kemungkinan bergabung dengan koalisi yang mendukung Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres).

Viva Yoga memastikan, kalau isu atau kabar bergabungnya Demokrat adalah berita nyata.

"Bukan isu. Tetapi berita nyata.Partai Amanat Nasional merasa senang, gembira, haru, dan bersyukur kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Partai Demokrat menyatakan siap sedia bekerjasama, bergabung, dan berjuang bersama-sama di Koalisi Indonesia Maju (KIM)," kata Viva Yoga dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/9/2023).

Kata dia, dengan adanya kabar kalau Partai Demokrat bergabung dengan KIM maka akan menjadi suatu hal yang menggembirakan seluruh partai koalisi.

"Hal ini adalah kabar gembira buat kami di KIM. PAN, Golkar, Gerindra, PBB, dan Gelora menyambut PD dengan suka cita," ujar dia.

Jika memang nantinya Demokrat bergabung kata Viva, maka KIM akan menjadi koalisi besar.

Salah satu yang terlihat adalah efek elektoral yang diperoleh dari partai pendukung itu akan menambah basis konstituen koalisi.

"Setiap anggota partai koalisi memiliki basis konstituen akan disinergikan dengan baik dan akan menambah perolehan suara sehingga peluang untuk menang pilpres akan semakin besar," kata Viva Yoga.

Selanjutnya, dengan adanya kerjasama antara PAN, Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, secara empiris pernah terukir di pilpres sebelumnya.

Sehingga kata dia, tidak ada hambatan komunikasi dan kepentingan di antara anggota koalisi.

"PAN merasa semakin optimis dengan kehadiran Partai Demokrat akan menambah kekuatan politik dan energi baru yang semakin membuka peluang besar untuk memenangkan pilpres 2024," tukas dia. (*)

Tags : Prabowo Subianto, Partai Demokrat, Koalisi Indonesia Maju,